18 Awak Kapal Pesiar yang Masuk ke Aceh Tanpa Izin Negatif Corona

Konferensi pers terkait kapal pesiar La Datcha George Town di Kanwil Kemenkumham Aceh, Kamis (11/2/2021). Foto: Muhammad/readers.ID

Sebanyak 18 awak kapal yang menumpangi kapal pesiar La Datcha George Town dipastikan tidak terjangkit Covid-19. Hal itu berdasarkan hasil swab-PCR yang telah diuji di laboratorium milik Universitas Syiah Kuala (USK).

“Pemeriksaan PCR dilakukan di laboratorium Universitas Syiah Kuala. Ke-18 awak kapal dalam hasil negatif COVID-19,” kata Kepala Seksi Karantina Surveilans Epidemiologi KKP Kelas III Banda Aceh, Saifullah, pada Kamis (11/2/2021).

Dalam konferensi pers yang digelar di aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Aceh,  Saifullah menyampaikan, pemeriksaan kesehatan dan pengambilan sampel 18 awak kapal tersebut dilakukan pada 8 Februari 2021 lalu.

Ke-18 warga negara asing berasal dari berbagai negara itu dipastikannya tidak membawa penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan kedaruratan kesehatan masyarakat ke wilayah Aceh.

“Oleh karena itu, tidak ada terjadi permasalahan karena hasilnya mereka negatif,” ujarnya.

Tak hanya itu, dari sisi masa waktu inkubasi, mereka juga sudah melewati masa inkubasi sejak pertama berangkat dari pelabuhan terakhir yang disinggahi.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu satu unit kapal pesiar La Datcha George Town melakukan lego jangkar di Pulau Rusa, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar.

Kapal tersebut sudah terlihat oleh warga sejak 5 Februari 2021 dan baru ditindak aparat kemanan Indonesia di Aceh pada 8 Februari 2021.

Adapun jumlah awak dalam kapal tersebut disebutkan sebanyak 18 orang berasal dari berbagai negara, di antaranya Alexander Baronjan, warga negara Jerman, selaku kapten kapal.

Jem Sylan Payne, Liam O’Brien, Olivia Catherine Tew, Georges Smith, Matthew Kirton, Lewis Myersallen, Joseph Stefan Williams, Tomas William Jewell, Luke Bainbridge merupkan warga negara Inggris.

Selanjutnya, Alaksandr Mikhalchuk warga negara Belarusia, Gabriel Salar Oja warga negara Filipina, Katrina Sonia warga Kanada, Arturo Segundo Lope Gomez warga negara Spanyol.

Selain itu, empat warga negara Belanda, yakin Nicky Thomas Fredriks, Alex Trass, Demi Yoka Nagel dan Rudolf Nellissen.

Total
5
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Bappilu Golkar Aceh: Kami Tetap Loyal pada TM Nurlif

Next Article
Kapal Rusia Tanpa Izin Masuk ke Perairan Aceh

Kanwil Kemenkumham Aceh: Kapal Pesiar di Pulau Rusa Tak Melanggar Hukum

Related Posts