20 Hektare Lahan di Nagan Raya Ludes Terbakar

Petugas BPBD bersama TNI dan Polri berupaya memadamkan api yang membakar lahan di salah satu kawasan di Nagan Raya. [Dok. BPBA]

Sedikitnya 20,5 hektare lahan yang tersebar di tiga kecamatan di Nagan Raya, ludes dilalap api. Kebakaran tersebut melanda sejak 27 Februari lalu.

Informasi yang diterima dari Pusat Pengendalian Operasi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, Jumat (5/3/2021), api menghanguskan lahan di lima gampong yang berada di Kecamatan Kuala Pesisir, Beutong Ateuh Benggalang dan Kuala.

“Sejumlah unsur terlibat dalam upaya pemadaman, di antaranya BPBA, TNI, Polri, serta masyarakat,” ujar Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas.

Di akhir Januari, kebakaran melahap 7 hektare lahan di Gampong Suak Puntong, Kuala Pesisir, termasuk juga 2 hektare masing-masing di Gampong Blang Puuk, Kecamatan Beutong Ateuh dan Gampong Kuta Makmur di Kecamatan Kuala.

Lalu memasuki Maret 2021, kebakaran terus merambah ke sejumlah gampong lain di Kecamatan Kuala, yakni di Gampong Blang Baroe seluas 1 hektare dan Gampong Pulo Ie 8,5 hektare.

“Total luas lahan yang terbakar 20,5 hektare,” tegasnya.

Petugas masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Namun tidak ada korban jiwa dalam deretan peristiwa ini.

Untuk upaya pemadaman, BPBD Nagan Raya mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dan empat unit mesin pompa air. Proses pemadaman dibantu sejumlah personel TNI, Polri serta masyarakat.

“BPBA juga mendukung upaya tersebut dengan menurunkan mesin pompa karhutla portable,” kata Ilyas lagi.

Upaya pemadaman sempat terkendala akses jalan yang sulit dilalui mobil damkar serta sulitnya mencari sumber air. Namun sebagian besar lahan yang terbakar kini berhasil dipadamkan petugas.[]

Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Tata Ruang Daerah Bakal Direvisi dengan Kajian Mitigasi Bencana

Next Article
Partai Nasdem Prihatin Kisruh Demokrat Berujung KLB

Partai Nasdem Prihatin Kisruh Demokrat Berujung KLB

Related Posts