3.161 Nakes Belum Divaksin di Banda Aceh

3.161 Nakes Belum Divaksin di Banda Aceh
Petugas kesehatan bereaksi saat menerima vaksinasi di Rumah Sakit Umum Meuraxa, Banda Aceh. Hotli Simanjuntak/readers.ID

Jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang telah divaksinasi Covid-19 di Kota Banda Aceh hingga Jumat (12/2/2021), telah mencapai 3.173 orang. Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat mengingat proses vaksinasi masih terus dilakukan hingga hari ini, Sabtu (13/2/2021).

“Jumlah yang sudah divaksin sampai kemarin 3.173 dan hari ini ada penambahan lagi tapi belum dilapor,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman, ketika dikonfirmasi, pada Sabtu (13/2/2021).

Sebelumnya, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, nakes yang ditargetkan menjalani penyuntikan vaksin Covid-19 di Kota Banda Aceh tercatat ada 6.334 orang. Artinya masih ada 3.161 tenaga kesehatan yang belum divaksin di ibu kota provinsi tersebut.

BACA JUGA: Besok, Banda Aceh Targetkan Vaksinasi Nakes Tuntas

Nakes yang telah divaksinasi dikatakan Lukman, rata-rata telah memenuhi syarat bisa disuntik vaksin. Sementara sisanya merupakan nakes yang tidak penyintas Covid-19 dan dalam masa penyembuhan.

“Yang memenuhi syarat sudah 100 persen di vaksin, tinggal menunggu yang penyintas (mantan positif covid) dan lagi dalam penyembuhan sakitnya 100 persen,” ungkap Lukman.

Seperti diketahui, pemerintah akan mulai melakukan vaksinasi Covid-19 kepada kelompok orang dengan kategori lanjut usia (lansia), komorbid dan penyintas Covid-19 serta sasaran tunda.

Vaksinasi dilakukan usai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin Coronavac produksi Sinovac.

Kementerian Kesehatan dalam surat edaran yang ditujukan kepada kepala dinas kesehatan provinsi dan kepala dinas kesehatan kabupaten/kota, menyebutnya bahwa vaksinasi pada lansia, komorbid, penyintas Covid-19 serta sasaran tunda ini akan dilakukan menyusul pelaksanaan vaksin yang telah dimulai sejak tanggal 13 Januari 2021 dan dilakukan secara bertahap dengan target sasaran 181,5 juta orang.

BACA JUGA: BPOM Izinkan Kelompok Lansia dan Penyintas Covid-19 Divaksin

Melihat masih banyaknya tenaga kesehatan yang belum divaksinasi, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menargetkan akan menuntaskan proses tersebut pada Senin (15/2/2021) mendatang.

“Senin kita akan vaksin lagi sesuai edaran Kemenkes yang baru, semoga tercapai sesuai target,” ujar Lukman.[acl]

Total
5
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
PBB Temukan Militer Myanmar Gunakan Peluru Tajam Hadapi Demonstran

PBB Temukan Militer Myanmar Gunakan Peluru Tajam Hadapi Demonstran

Next Article
Polda Aceh Tangkap 4 Pelaku Pedagangan Orangutan

Polda Aceh Tangkap 4 Pelaku Perdagangan Orangutan

Related Posts