5 Nelayan Aceh yang Dipulangkan dari India Positif Corona

5 Nelayan Aceh Positif Corona Jalani Isolasi di Wisma Atlet
Para Nelayan Aceh yang akan pulang setiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, 3 Februari 2021. (Foto: Humas BPPA)

Sebanyak lima dari 28 nelayan Aceh yang dipulangkan dari India dinyatakan positif corona. Sebelum kembali ke kampung halaman masing-masing, kelimanya akan menjalani isolasi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

“Mereka di sana akan diisolasi terlebih dahulu maksimal 14 hari sebelum dipulangkan ke Aceh. Tapi itu juga tergantung hasil tes swab dihari terakhir mereka diisolasi,” kata Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA),  Almuniza Kamal, Rabu (3/2/2021).

Almuniza mengatakan, saat mereka pertama tiba di Jakarta pada Sabtu (30/1/2021) lalu mereka langsung ditempatkan ke hotel Mercure Gatot Subroto, guna menjalani proses karantina sekaligus pemeriksaan swab COVID-19. Dari hasil pemeriksaan itu, lima orang diantaranya positif virus corona.

“Saat pertama tiba mereka dikarantina selama lima hari. Setelah itu baru dipulangkan ke Aceh usai dipastikan bebas dari COVID-19. Namun, lima diantaranya dinyatakan positif COVID-19,” kata Almuniza, Rabu (3/2).

Para Nelayan Aceh yang akan pulang setiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, 3 Februari 2021. (Foto: Humas BPPA)

Sementara itu, untuk 23 nelayan lainnya dijadwalkan akan dipulangkan ke Aceh hari ini melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, menggunakan pesawat Garuda  dengan nomor penerbangan GA 146 sekitar pukul 12.00 WIB.

Setiba di Bandara SIM Blang Bintang, Aceh Besar, sekitar pukul 14.00 WIB mereka akan dinawa ke Dinas Sosial Aceh.

Diketahui, ke-28 nelayan asal Aceh itu ditangkap pada jarak 55 mil laut dari daratan Pulau Nikobar oleh polisi pengawal pesisir Pantai India Durgabai Deshmukh, 3 Maret 2020 lalu, mereka melaut dengan kapal KM BST 45.

Para nelayan ini lalu dibebaskan Pengadilan Andaman pada 16 Januari 2021 setelah diadvokasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) bersama Pemerintah Aceh dan PSDKP-KKP RI.

Total
10
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Jokowi: Bank Syariah Indonesia Jangan Hanya untuk Muslim Saja

Jokowi: Bank Syariah Indonesia Jangan Hanya untuk Muslim Saja

Next Article
FK USK Luluskan 23 Dokter Spesialis Paru

FK USK Luluskan 23 Dokter Spesialis Paru

Related Posts