6 Kabupaten di Aceh Berpotensi Dilanda Hujan Lebat

Foto: Ilustrasi (dok.bmkg)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan 6 Kabupaten di Aceh, diprediksi bakal dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama dua hari ke depan. Bahkan, sejumlah daerah berpotensi banjir dan longsor.

“Peringatan dini prakiraan cuaca ini berlaku mulai 10 hingga 11 Februari 2021,” kata Koordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Zakaria Ahmad, Rabu (10/2/2021).

Dampak dari intensitas hujan yang turun, sebut Zakaria, juga bisa mengganggu jadwal penerbangan pesawat. Tak hanya itu, kondisi tersebut juga berpotensi menimbulkan angin kencang serta petir.

Kawasan yang berpotensi dilanda banjir, diprediksikan lebih ke wilayah bantaran sungai atau dataran rendah dan hilir. Sedangkan longsor, berpotensi terjadi di wilayah dataran tinggi.

“Untuk masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi.Terutama untuk selalu wasapada terhadap potensi banjir dan potensi tanah longsor,” ujarnya.

Berikut 6 kabupaten yang berdampak dilanda hujan lebat 

Aceh Tenggara: Meliputi Kecamatan Leuser, Babul Rahmah, Babul Makmur, Lawe Sigala-gala, Semadam, Tanoh Alas, Bukit Tusam, Lawe Alas, Lawe Sumur, Lawe Bulan, Darul Hasanah, Babussalam, Bambel, Deleng, Pokhisen, Badar dan Ketambe.

Aceh Tamiang:  Meliputi Kecamatan Tenggulun, Tamiang Hulu, Kejuruan Muda, Bandar Pusaka, dan Sekerak.

Gayo Lues: Meliputi Kecamatan Pining, Kuta Panjang, Blang Jeurango, Blang Pegayon, Putri Beutong, Blang Kejeren, Dabun Gelang, Pantan Cuaca, dan Rakit Gaib.

Aceh Timur: Meliputi Kecamatan Birem Bayen, Simpang Jernih, dan Serba Jadi.

Aceh Selatan: Meliputi Kecamatan Meukek, Kluet Tengah, Kluet Timur, dan Sawang.

Aceh Tengah: Meliputi Kecamatan Linge.

Total
6
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Pendaftaran Seleksi SNMPTN USK Mulai Hari Ini

Rektor USK Positif Covid-19, Aktivitas Kampus Tetap Normal

Next Article

Foto Feature: Produksi Garam Sistem Tunnel

Related Posts