Banda Aceh Mulai Sosialisasi Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik

Sosialisasi pembatasan penggunaan kantong plastik yang dilakukan DLHK3 Banda Aceh di salah satu pasar modern di Banda Aceh (Muhammad | readers.ID)

Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh mulai mensosialisasikan pembatasan penggunaan kantong plastik di salah satu pusat perbelanjaan modern di Banda Aceh, pada Kamis (10/6/2021).

“Ini sesuai Peraturan Wali Kota Nomor 111 tahun 2020 tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik di Supermarket, Swalayan dan Mall,” kata Kepala Seksi Teknologi Pengelolaan Sampah DLHK3 Banda Aceh, Rosdiana, pada Kamis (10/6/2021)

Kegiatan hari ini dikatakannya, kali pertama dilakukan di tahun 2021. Hal serupa diakui pernah dilaksanakan di Februari 2016 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional.

“Tetapi karena belum adanya payung hukum maka hanya bisa bertahan lebih kurang enam bulan, yaitu pada Oktober 2016 berhenti,” kata Rosdiana.

Pantauan readers.ID, dalam kegiatan tersebut, sejumlah petugas dari DLHK3 Banda Aceh memberikan edukasi sambil membagikan tas berbahan kain kepada warga yang hendak berbelanja.

Langkah ini dilakukan guna mengajak warga untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sebagai wadah pembawa barang belanjaan.

Hal ini mengingat Indonesia dikatakan Rosdiana, merupakan negara kedua di dunia setelah Cina yang menghasilkan sampah terbesar dan berakhir di laut.

“Agar dapat melakukan pembatasan penggunaan kantong plastik. Jadi beralih lah ke tas ramah lingkungan,” ujarnya.[acl]

Total
0
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Rektor USK: Aceh Laboratorium Konflik Bagi Mahasiswa Papua

Next Article

Banda Aceh Larang Gunakan Kantong Plastik Setiap Senin

Related Posts