Bea Cukai Sita 103 Karung Bawang Merah Impor di Langsa

Bawang merah ilegal di Langsa. Foto: Dok, Bea Cukai

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Langsa, menyita 103 karung bawang merah yang diduga berasal dari luar negeri dan tak memiliki kelengkapan surat kepabeanan.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Iwan Kurniawan, mengatakan bawang merah tersebut ditemukan dari sebuah mobol pick-up jenis L-300 di kawasan Kecamatan Seruwai, Kabupaten Aceh Tamiang.

Penemuan ini berawal dari adanya informasi sebuah kapal melakukan kegiatan bongkar muat barang impor berasal dari luar negeri, berupa bawang di wilayah Sungai Keruk, Seruwai. Bawang hasil bongkar tersebut, kemudian dimuat dalam mobil pick-up di salah satu rumah yang dicurigai sebagai tempat penimbunan bawang.

“Bawang tersebut akan dibawa ke sekitar Kota Langsa, kemudian tim melakukan pengejaran dan memberhentikan mobil tersebut di sekitar daerah Tanah Merah, Gampong Pantai Balai, Seruwai,” kata Iwan dalam keterangannya Senin (22/2/2021).

Akibat tidak bisa menunjukan dokumen kepabean, sebut Iwan, pelaku beserta barang hasil penindakan dibawa ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Langsa guna mendapatkan informasi dan penanganan lebih lanjut.

Jika terbukti bersalah, pelaku tindak pidana penyelundupan barang impor akan dikenakan sanksi sesuai Pasal 102 huruf (a) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2006 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan.

Setiap orang yang mengangkut barang impor tidak tercantum dalam manifest, akan dipidana karena melakukan penyelundupan di bidang impor. Sengan pidana penjara paling singkat satu tahun dan pidana penjara paling lama 10 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp5 miliar rupiah.

Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Karhutla di Aceh Selatan Capai 60 Hektar, Pemerintah Tetapkan Status Siaga

Next Article

Potret Tarek Pukat, Tradisi Unik Nelayan Aceh Tangkap Ikan

Related Posts