BMKG Ingatkan Aceh Berpotensi Hujan Lebat Berdampak Banjir

BMKG Ingatkan Aceh Berpotensi Hujan Lebat Berdampak Banjir
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM), Banda Aceh mengeluarkan peringatan dini, beberapa daerah di Aceh berpotensi terjadi hujan lebat hingga sangat lebat sejak 29-30 Januari 2021.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I SIM, Banda Aceh, Zakaria mengatakan, hujan lebat hingga sangat lebat akan berdampak banjir di wilayah bataran sungai atau di daeran rendah.

“Daerah hilir serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi juga berpotensi berdampak,” kata Zakaria, Jumat (29/1/2021) dalam keterangan tertulis diterima readers.id.

Kata Zakaria, perkiraannya terjadi mulai pukul 07.00 WIB terjadi di Kabupaten Bener Meriah di Kecamatan Syiah Utama, Mesidah, Permata, Bandar, Bukit, Bener Kelipah, Pintu Rime Gayo, Timang Gajah, Wih Pesam dan  Gajah Putih.

Untuk Kabupaten Aceh Tengah diperkiraan terjadi di Kecamatan Bintang, Linge, Kute Panang, Ketol, Reusep Antara, Silih Nara, Celala, Pegasing, Jagong Jrget, Atu Lintang, Laut Tawar, Bies, Bebesan, Kebayakan dan Danau.

Kabupaten Aceh Timur di Kecamatan Serba Jadi dan Simpang Jernih. Kabupaten Aceh Utara, di Kecamatan Geureudong Pase, Nisam Antara dan Sawang. Kabupaten Bireuen Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Peusangan Selatan, Juli, Peudada, Peulimbang, Jeunieb, Pandrah, Simpang Mamplam, Samalanga dan Jeumpa.

BACA JUGA: BMKG Catat 58 Gempa Landa Aceh dalam Tiga Pekan

Kabupaten  Pidie Jaya terjadi di Kecamatan Meureudu, Bandar Dua, Kabupaten  Pidie di Kecamatan Geumpang dan  Mane. Nagan Raya  Kecamatan Beutong, Beutong Ateuh Banggalang, Seunangan Timur, Darul Makmur, Tadu Raya.

Kabupaten  Aceh Barat di Kecamatan Sungai Mas, Patai Ceureumen, Kawai XVI,  Panton Reu. Gayo Lues di Kecamatan  T dipe Jaya, Terangun, Blang Jeurango, Kuta Panjang, Blang Pegayon, Putri Betung, Blang Kejeren, Babun Galang, Pantan Cuaca, Rakit Gaib, Pining.

Kabupaten Aceh Barat Daya di Kecamatan Babah Rot, Kuala Batee, Jeumpa, Blang Pidie. Aceh Selatan di Kecamatan Trumon, Trumon Timur dan Trumon Tengah. Aceh Tenggara di  Kecamatan Babul Rahmah dan Louser. Subulussalam di Kecamatan Longkib, Rundeng, Simpang Kiri, Penanggalan, Sultan Daulat. Kabupaten  Aceh Singkil meliputi Kecamatan Singkil Utara, Danau Paris, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Kota Baharu, Singkohor dan Suro.

Kata Zakaria, hujan lebat dan sangat lebat dengan intensitas tinggi ada 4 katagori. Pada katagori ini pesawat bisa ditunda atau dibatalkan sementara penerbangannya. Begitu juga untuk masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi.

Lanjutnya, terutama untuk selalu wasapada terhadap potensi yang dapat berdampak banjir untuk daerah aliran sungai, daerah hamparan datar yang luas seperti persawahan yang dapat merendam tanaman petani, bisa banjir genangan di perkotaan, banjir di wilayah hilir.

“Bahkan bisa terjadi banjir bandang serta perlu lebih waspada terhadap potensi tanah longsor untuk wilayah pegunungan atau wilayah lereng. Demikian juga bahaya angin kencang, sambaran petir tidak boleh dikesampingkan pada cuaca seperti ini,” jelasnya.[acl]

Total
6
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Menkes RI Klaim Tidak Ada Efek Samping Serius Vaksin Covid-19

Menkes RI Klaim Tidak Ada Efek Samping Serius Vaksin Covid-19

Next Article
Simak, Golongan Orang Tidak Dapat Divaksin

Nova Iriansyah Dipantau Selama Sebulan Usai Divaksin

Related Posts