BMKG Ingatkan Cuaca Panas Mudah Kebakaran di Aceh

BMKG Ingatkan Cuaca Panas Mudah Kebakaran di Aceh
Ilustrasi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Blang Bintang mengingatkan cuaca panas melanda Aceh cukup rentan terjadi kebakaran.

Kasi Data BMKG Blang Bintang, Zakaria mengatakan, dengan melihat fenomena cuaca yang sudah semakin sedikit turun hujan, maupun curah hujan.
BMKG mengingatkan potensi terjadi kebakaran di Aceh cukup tinggi.

“Khusus Provinsi Aceh untuk tangg 17 Februari 2021 pada katagori tinggi dan menengah potensi kebakaran karena cuaca panas,” kata Zakaria, Rabu (17/2/2021) melalui siaran tertulis.

Adapun daerah yang rentan terjadi kebakaran meliputi Kabupaten
Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe. Sebagian besar Bireun bagian utara, Pidie Jaya bagian utara.

Kabupaten Pidie bagian utara, Aceh Besar, Banda Aceh, Sabang, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya bagian barat dan selatan, sebagian Aceh Barat Daya bagian selatan, Aceh Selatan bagian selatan dan timur, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh tenggara bagian selatan.

“Dengan keadaan demikian BMKG menghimbau agar masyarakat harus waspada dan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dalam membuka lahan baru. Juga harus hati-hati dalam membakar sampah,” pintanya.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) merilis data terjadi Karhula seluas 4 hektare di Desa Lhok Gayo Kecamatan Babahrot Abdya, Rabu (17/2/2021) pukul 14.55 WIB.

“Penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.
BPBD Kabupaten Aceh Barat Daya telah mengerahkan armada Damkar dari pos untuk melakukan pemadaman api. Dari laporan terakhir yang diterima oleh BPBA, dilaporkan hingga saat ini api masih dalam proses penanganan,” kata Staf Data dan Dokumenasi BPBA, Linda.[acl]

Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Wisata Humaira, Wahana Alam Tersembunyi di Aceh Besar

Next Article
DPRA: Polemik Pilkada 2022 Perlu Perkuat Komunikasi dengan Pusat

DPRA: Polemik Pilkada 2022 Perlu Perkuat Komunikasi dengan Pusat

Related Posts