BMKG Ingatkan Hujan Hingga Potensi Kebakaran Bisa Terjadi di Aceh

BMKG Ingatkan Hujan Hingga Potensi Kebakaran Bisa Terjadi di Aceh
Foto: Ilustrasi/BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM), Banda Aceh mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi kategori 3.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I SIM, Banda Aceh, Zakaria mengatakan, potensi curah hujan sedang hingga hujan lebat bakal melanda sejumlah wilayah di Aceh.

“Ini bisa berdampak banjir di wilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi,” kata Zakaria, pada Senin (22/2/2021).

Keadaan ini dijelaskannya, bila dilihat dari dinamika atmosfir. Terlihat ada anomali suhu muka laut di Laut Andaman dan di Selat Malaka yang mengakibatkan penambahan uap air di sekitar wilayah tersebut.

Penambahan uap air berpengaruh di sebagian provinsi paling ujung Indonesia dan di samping itu juga ada belokan angin Aceh sehingga berpotensi hujan disebagian Aceh.

“Peringatan dini prakiraan cuaca ini berlaku untuk besok, 23 Februari 2021 mulai jam 07.00 WIB sampai 24 Februari 2021 jam 07.00 WIB,” ungkapnya.

Hujan dengan intensitas tinggi kategori 3 dikatakan Zakaria, dapat berdampak terhadap penerbangan yang berujung penundaan hingga pembatalan.

Melihat dampak yang ditimbulkan, masyarakat diminta untuk selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi atau permasalahan banjir.

“Selalu wasapada terhadap potensi yang dapat berdampak banjir untuk daerah aliran sungai, wilayah hilir dan bahkan bisa terjadi banjir bandang serta lebih waspada terhadap potensi tanah longsor untuk wilayah pegunungan atau wilayah lereng,” ujarnya.

Tak hanya itu, pantauan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I SIM bahaya angin kencang dan petir juga harus diwaspadai pada kondisi cuaca Kategori 3.

Adapun sejumlah daerah berpotensi hujan, mulai dari Kabupaten Aceh Tenggara, meliputi Kecamata Leuser, Babul Rahmah, Babul Makmur, Lawe Sigala-gala, Semadam, Tanoh Alas, Bukit Tusam, Lawe Alas, Lawe Sumur, Lawe Bulan, Darul Hasanah, Babussalam, Bambel, Deleng, Pokhisen, Badar dan Ketambe.

Sementara di Kabupaten Aceh Tamiang terjadi di Kecamatan Tenggulun. Di Kabupaten Gayo Lues meliputi Kecamata Pining, Blang Pegayon, Putri Beutong, Dabun Gelang.

Untuk Kabupaten Aceh Selatan yang dilanda hujan Kecamatan Trumon, Trumon Timur, Trumon Tengah,Tapak Tuan, Labuhan Haji Timur, Meukek, Kluet Tengah, Kluet Timur, Kluet Utara, Kluet Selatan, Sawang, Pasi Raya, Bakongan, Bakongan Timur, Kota Bahagia, dan Sama Dua.

Selanjutnya Kabupaten Aceh Singkil, hujan meliputi Kecamatan Kuala Baru, Singkil, Kota Baharu, Singkil Utara, Danau Paris, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Singkohor dan Suro.

Di Kota Subulussalam, hujan bakal melanda Kecamatan Longkib. Rundeng, Sultan Daulat, Simpang Kiri, dan Penanggalan.

Sehubungan dengan itu, BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I SIM juga memprediksikan peringatan dini hujan dengan insitas tinggi di bagian utara sampai timur Aceh.

Meskipun demikian perlu kewaspadaan timbulnya titik panas karena disebabkan daerah tersebut diperkirakan masih bertahan dengan cuaca cerah dan cerah berawan.

Wilayah yang diperkirakan masih mudah terjadi kebakaran, di antaranya sebagian Kabupaten Aceh Tamiang,dengan kategori sedang, tingkat mudah terjadi kebakaran, sebagian lain dengan katalegori tidak mudah.

Kabupaten Aceh Timur sebagian besarnya kategori sedang, sebagian lain dengan kategori sangat mudah (tinggi). Sedangkan bagian selatan Aceh Timur dengan kategori tidak mudah.

Di Kabupaten Aceh Utara, 45% wilayahnya mudah terjadi kebakaran dalam kategori tinggi, 30% menengah, dan 25% selebihnya dalam katagori aman.

Tingkat kemudahan kebakaran berkatagori tinggi di Kabupaten Aceh Besar terjadi di bagian utara. Di bagian timur dan selatan wilayahnya tingkat kemudahan terjadi kebakaran berkategori rendah dan menengah.

Kemudahan kebakaran berkategori tinggi dan menengah untuk Kabupaten Bireun terjadi di bagian utara. Sedangkan bagian barat dan selatan tergolong aman.

Di Kabupaten Pidie tingkat mudah terjadi kebakaran dalam kategori rendah dan menengah terletak di pesisir.

Untuk Kota Langsa dalam katagori sedang tingkat mudah terjadi kebakaran.

Sementara Kota Lhokseumawe, Banda Aceh dan Sabang, berkatagori tinggi tingkat kemudahan terjadi kebakaran.[acl]

Total
7
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Juventus vs Crotone: Si Kokoh vs Si Rapuh

Juventus vs Crotone: Si Kokoh vs Si Rapuh

Next Article
Cuti Bersama 2021 Dikurangi 5 Hari

Cuti Bersama 2021 Dikurangi 5 Hari

Related Posts