BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Buruk Landa 7 Wilayah di Aceh

Foto: Ilustrasi (dok.bmkg)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan laporan peringatan dini cuaca di Aceh. Sejumlah wilayah kabupaten/kota di ujung provinsi barat Indonesia itu berpotensi hujan hingga beberapa hari ke depan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad, mengatakan, potensi curah hujan sedang dan dampak banjir genangan melanda sebagian kecil wilayah dataran rendah. Selain itu diperkirakan akan terjadi longsor ringan (berjatuhan batu kerikil) untuk wilayah lereng atau dataran tinggi.

“Peringatan dini prakiraan cuaca ini berlaku 31 Januari 2021 mulai pukul 07.00 WIB hingga 1 Februari 2021,” kata Zakaria, dalam keterangannya.

Ia mengimbau masyarakat lebih waspada bila terjadi bencana hidrometeorologi. Terutama terhadap dampak banjir skala kecil untuk daerah aliran sungai, genangan skala kecil di perkotaan dan wilayah hilir. Ia juga mewanti-wanti dampak jalan licin dan pandangan kabur.

“Waspada potensi tanah longsor berupa kerikil berjatuhan dari lereng dalam skala kecil. Bahaya angin kencang sebelum hujan turun (bahasa Acehnya: angen subak-subok), sambaran petir juga ada potensi,” jelasnya.

Adapun kabupaten/kota yang berpotensi dilanda cuaca buruk meliputi Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Subulussalam, dan Aceh Singkil.

Dari tujuh kabupaten/kota itu, Zakaria merincikan,  wilayah Nagan Raya meliputi Kecamatan Beutong, Betong Ateuh, Banggalang, Senangan Timur, Darul Makmur, Tadu Raya, Tripa Makmur, Kuala, Kuala Pesisir, Senangan, dan Suka Makmu.

Aceh Barat meliputi Kecamatan Pantai Ceureumen, Sama Tiga, Kawai XVI, Johan Pahlawan, Meureubo, Panton Reu, Bubon, Arongan Lambalek, Woyla, Woyla Barat dan Woyla Timur.

Selanjutnya di Aceh Barat Daya meliputi Kecamatan Jeumpa, Blang Pidie, Setia. Di Aceh Selatan meliputi Kecamatan Labuhan Haji, Labuhan Haji Barat, Labuhan Haji Timur, Mekek, Sawang, Kluet Tengah, Kluet Utara, Kluet Selatan, Kluet Timur, Trumon, Sama Dua, Pasi Raja dan Tapak Tuan.

Kemudian di Aceh Tenggara cuaca buruk bakal melanda Kecamatan Darul Hasanah, sementara di Subulussalam meliputi Kecamatan Longkib, Sultan Daulat, Simpang Kiri, Rundeng, Penanggalan.

Sementara di Aceh Singkil meliputi kecamatan Kota Baharu, Singkil, Sikil Utara, Danau Paris, Gunung Meriah, Suro, Simpang Kanan, Singkohor dan Kuala Baru.

“Prakiraan dini berbasis dampak ini bersumber dari BMKG Sinature,” pungkas Zakaria.

Total
27
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Abu Janda Minta Maaf Soal Twit Islam Arogan

Next Article
Tarik Ulur Pilkada Serentak di Aceh

Tarik Ulur Pilkada Serentak di Aceh

Related Posts