BMKG Keluarkan Peringatan Dini Aceh Berpotensi Hujan Lebat

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Aceh Berpotensi Hujan Lebat
Ilustrasi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar memprediksikan beberapa wilayah di Provinsi Aceh akan dilanda hujan sedang hingga sangat lebat kategori 4 dan 6.

“Peringatan dini prakiraan cuaca ini berlaku untuk 6 Maret 2021 mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 7 Maret 2021 pukul 07.00 WIB,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I SIM, Banda Aceh, Zakaria Ahmad, pada Sabtu (6/3/2021).

Dijelaskan, potensi curah hujan lebat hingga sangat lebat katagori 4 dan 6 dampak mengakibatkan banjir dalam skala menengah di wilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir.

Dampak tanah longsor dalam kategori ini bisa terjadi untuk wilayah dataran tinggi dengan potensi dalam skala menengah hingga tinggi.

Intensitas hujan sangat lebat juga mempengaruhi jadwal atau penundaan penerbangan pesawat. Demikian juga bahaya angin kencang, sambaran petir tidak boleh dikesampingkan pada cuaca seperti ini.

“Prakiraan dini berbasis dampak ini bersumber dari, BMKG signature,” ujar Zakaria.

Adapun daerah kabupaten kota yang diprediksikan bakal dilanda hujan kategori 4, yakni sebagai besar kawasan Kabupaten Aceh Tenggara, semua kecamatan di Aceh Tmur, Gayo Lues, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Aceh Singkil, Nagan Raya, Aceh Barat, dan Bireuen.

Di Kabupaten Aceh Jaya hanya terjadi di Kecamatan Pasi Raya. Sedangkan di Kota Lhokseumawe meliputi Kecamatan Muara Satu dan Blang Mangat.

Untuk wilayah yang dilanda hujan kategori 6, di antaranya Kabupaten Nagan Raya meliputi Kecamatan Beutong, Senangan Timur, Darul Makmur, Tadu Raya, Tripa Makmur, Kuala, Kuala Pesisir, dan Suka Makmu, Seunangan.

Wilayah Aceh Barat, hujan diprediksikan melanda Kecamatan Pantai Ceuremen, Meurebo, serta Kaway XVI. Di Kabupaten Gayo Lues meliputi Kecamatan Tripe Jaya, Terangun, Blang Jerango, Kuta Panjang, Blang Peugayon, Putri Betung.

Sementara Kabupaten Aceh Barat Daya wilayah Kecamatan Babah Rot, Kuala Batee, Susoh, dan Jeumpa, diprediksikan akan dilanda hujan. Di Kabupaten Blang Pidie, hujan diprediksi terjadi di Kecamatan Setia, Lembah Sabil, Manggeng, dan Tangan-Tangan.

Untuk Kabupaten Aceh Selatan meliputi Kecamatan Labuhan Haji, Labuhan Haji Barat ,Labuhan Haji Timur, Meukek Kluet Tengah, Sawang, Sama Dua, Tapak Tuan, serta Pasi Raja. Sedangkan Kabupaten Aceh Tenggara hanya Kecamatan Darul Hasanah.[acl]

Total
6
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Pemerintah Harus Bijak Sikapi Proyek IPAL di Banda Aceh

Prof Farid: Pemerintah Harus Bijak Sikapi Proyek IPAL di Banda Aceh

Next Article
Inong, Bayi Gajah Liar yang diselamatkan dari Kubangan Akhirnya Mati

Gajah Jantan Ditemukan Mati di Aceh Jaya, Diduga Malnutrisi

Related Posts