BPCB Aceh Observasi Batu Nisan Kuno di Gerbang Tol Sibanceh

Batu Nisan Kerajaan Aceh Ditemukan di Proyek Tol Aceh. Foto: Rianza Alfandi/readers.ID

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh, melakukan observasi pada lokasi penemuan batu nisan yang diduga peninggalan dari kerajaan kuno, di proyek pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh), tepatnya di depan gerbang Tol daerah Kajhu, kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. 

Arkeolog BPCB Aceh, Andi Irfan Syam, mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemerikasaan langsung guna mendapatkan informasi lebih lengkap terhadap batu nisan tersebut.

“Jadi, kita melakukan peninjauan lapangan untuk menjaring data informasi secara faktual. jadi, teman-teman melakukan perekaman data secara arkeologis dan juga kita berkoordinasi dengan pihak terkait terutama pelaksana pekerjaan,” kata Andi, Senin (15/2/2021).

Andi menyatakan, verifikasi yang dilakukan saat ini masih bersifat tahapan awal, hanya untuk melihat nisan tersebut sebagai salah satu objek cagar budaya. Artinya, untuk hasil yang lebih meyakinkan akan dilakukan beberapa tahapan lebih lanjut.

“Jadi, kita menjaring informasi awal untuk melihat sebaran objek yang diduga sebagai cagar budaya tersebut,” ujar Andi.

Selanjutnya, BPBC siap memberikan dukungan teknis terkait dengan pelestarian cagar budaya. Dalam UU Cagar Budaya nomor 11 tahun 2010, kata Andi, amanahnya adalah pelestarian harusnya dari bawah ke pusat.

“Dalam hal ini BPCB sebagai unit pelaksana teknis siap bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat maupun dari pemerintah provinsi untuk bekerja bersama dalam memberikan solusi terbarik terkait dengan nisan ini,” ungkap Andi.

Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Pemprov Aceh, DPRA dan KIP Disarankan Kompak Temui Mendagri Bahas Pilkada

Next Article
Besok, BBTNGL Resmi Berkantor di Aceh

Besok, BBTNGL Resmi Berkantor di Aceh

Related Posts