Caketum Demokrat Versi KLB: Moeldoko hingga Yahya Sacawiria

Caketum Demokrat Versi KLB: Moeldoko hingga Yahya Sacawiria
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat resmi menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025 setelah terpilih secara aklamasi dalam Kongres V Partai Demokrat di JCC, Senayan, Jakarta pada Minggu (15/3). (Foto: Dok. Partai Demokrat)

Sejumlah nama masuk bursa calon ketua umum Partai Demokrat untuk menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).

Pendiri Partai Demokrat, Hencky Luntungan menyebutkan beberapa di antaranya, yaitu Kepala Staf Presiden Moeldoko, bekas Wasekjen DPP Demokrat Mayjen (Purn) Yahya Sacawiria, mantan politikus Demokrat Darmizal hingga Max Sopacua.

“Intinya kita terbuka dari luar [partai] dan dari dalam,” kata Hencky kepada CNNIndonesia.com, Jumat (5/3/2021).

Hencky mengklaim KLB Demokrat sudah didukung oleh 387 Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) dari seluruh Indonesia. Ia menilai jumlah dukungan itu sudah memenuhi kuorum untuk menggelar KLB.

Kendati demikian, Hencky enggan membocorkan daftar pemilik suara itu. Ia khawatir pengurus DPP saat ini akan mengganggu proses KLB.

“Mereka sudah hadir di sini. 5 hotel lebih penuh, siap mengikuti KLB,” kata dia.

Lebih lanjut, Hencky mengatakan proses pemilihan ketua umum baru akan digelar pada Sabtu (6/3/2021). Ia mengatakan KLB hari ini hanya menggelar pembukaan, sidang-sidang komisi dan merumuskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Pemilihan Ketum besoklah. Kita bahas tata tertib dulu. Jadi ini bukan kongres terus aklamasi. Enggak boleh. Digelar hari ini sampai besok. Pemilihan Ketum besok,” kata dia.

Dihubungi terpisah, mantan politikus Partai Demokrat Darmizal mengklaim KLB Demokrat akan dihadiri sekitar 1.200 orang yang berasal dari pengurus DPD dan DPC Partai Demokrat di seluruh Indonesia.

“Ada 1.200 orang udah ada sama kita ini,” kata Darmizal.

Darmizal mengatakan agenda KLB hari ini akan diawali oleh pidato pembukaan dari para pendiri Demokrat. Setelah itu, KLB akan menggelar pembahasan tata tertib dan menggelar sidang-sidang komisi.

“Pidato pembukaan dilakukan para pendiri, ini kan kebersamaan, kolegial,” kata dia.

AHY Tegaskan Peserta KLB Bukan Pemilik Suara

DPP Partai Demokrat membantah klaim mantan kader yang menyebut Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat dihadiri 1.200 pemilik suara sah. Mereka yang hadir disebut bukan pemilik suara sah.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, peserta yang hadir dalam KLB itu kebanyakan hanya kader biasa atau mantan kader.

“Kenyataannya, yang hadir bukanlah pemilik suara. Melainkan hanya kader atau mantan kader yang dibuat seakan-akan pemilik suara sah dan mewakili kota, kabupaten, atau provinsi tertentu,” kata Herzaky saat dihubungi, Jumat (5/3/2021).

Menurut Herzaky, banyak bukti dan pengakuan dari kader yang tidak memiliki suara mendapat tawaran insentif politik uang asalkan bersedia hadir dan akan dianggap mewakili kabupaten/kota dan provinsi itu.

Selain itu, menurut Herzaky, KLB yang dimotori oleh Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) juga menggunakan cara-cara yang tak lazim. Herzaky mengatakan, banyak pemilik suara sah yang mendapat ancaman apabila tak hadir dalam KLB.

“Berdasarkan penuturan para kader dan pemilik suara sah yang diancam karena menolak hadir, merupakan bentuk kesewenang-wenangan oknum kekuasaan yang menyalahgunakan kekuasaan dan kemampuan finansialnya untuk merebut paksa kursi Ketua Umum PD dari Ketua Umum PD yang sah berdasarkan hasil Kongres V Tahun 2020,” ungkapnya.

Mantan kader Partai Demokrat, Darmizal menyatakan KLB Partai Demokrat akan digelar hari ini, Jumat (5/3/2021).

Ia mengklaim KLB itu akan dihadiri sekitar 1.200 orang yang berasal dari pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat di seluruh Indonesia.

Darmizal mengatakan agenda utama KLB akan memilih dan menetapkan ketua umum baru Partai Demokrat. Ia mengklaim kader-kader berharap Partai Demokrat akan kembali kepada kejayaannya dengan terpilihnya ketua umum baru. Ia bahkan menargetkan Demokrat menjadi pemenang Pemilu 2024 dengan dinakhodai oleh ketum baru.[acl]

Sumber: CNNIndonesia

Total
7
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Gempa 4,9 Magnitudo Guncang Pidie Jaya, Terasa Hingga Banda Aceh

Gempa 4,9 Magnitudo Guncang Pidie Jaya, Terasa Hingga Banda Aceh

Next Article
Mantan politikus Partai Demokrat, Marzuki Alie memastikan akan menghadiri gelaran Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang akan digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara hari ini, Jumat (5/3/2021).

Marzuki Alie Pastikan Hadir di KLB Demokrat

Related Posts