DPRA: Pemerintah Harus Lobi Raja Arab Saudi Tambah Kuota JCH Aceh

Waktu Baca 2 Menit

DPRA: Pemerintah Harus Lobi Raja Arab Saudi Tambah Kuota JCH Aceh
Ilustrasi - Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi, salah satu tempat pelaksanaan prosesi ibadah haji, lengang di tengah merebaknya wabah COVID-19, Jumat (24/4/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh/pras)

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Teuku Raja Keumangan mendesak Pemerintah Aceh dan instansi terkait lainnya, agar segera melobi Raja Arab Saudi dan pemerintah setempat agar menambah kuota jamaah calon haji (JCH) asal Aceh yang saat ini antre berangkat hingga 31 tahun ke depan.

“Ini merupakan persoalan serius yang harus segera diatasi Pemerintah Aceh, agar JCH asal Aceh tidak terlalu lama menunggu untuk bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci,” kata Teuku Raja Keumangan melalui saluran telepon kepada ANTARA, Sabtu.

Menurutnya, hingga awal tahun 2022, total JCH asal Aceh yang sudah mendaftar dan mendapatkan porsi haji dari pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia telah mencapai 129.119 orang.

Dengan banyaknya antrean JCH, kata dia, maka dipastikan masa menjadi 31 tahun sejak saat ini.

Teuku Raja Keumangan juga mengatakan total jamaah asal Aceh yang diberangkatkan selama ini setiap tahunnya mencapai 4.359 orang, berasal dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Untuk itu, ia berharap agar Pemerintah Aceh bersama-sama dengan DPRA harus segera membahas persoalan tersebut, agar masyarakat Aceh yang ingin berangkat beribadah ke tanah suci tidak lagi harus menunggu lama.

“Kami siap bersama-sama Pemerintah Aceh melobi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, agar Aceh mendapatkan prioritas penambahan JCH. Apalagi selama ini hubungan Aceh dengan Arab Saudi sangat dekat sekali,” kata Teuku Raja Keumangan menambahkan.

Meski banyaknya jamaah calon haji yang masuk dalam daftar tunggu, namun animo masyarakat Muslim di Aceh termasuk di Aceh Barat untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah di jalur reguler masih sangat tinggi setiap tahunnya.

Kementerian Agama di Aceh mencatat, setiap tahunnya sejak tahun 2017 hingga tahun 2021 lalu tercatat sebanyak 2.706 warga di Aceh Barat, telah mendaftarkan diri menjadi jamaah calon haji.

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...