Emak-emak Pungut Sampah di Pantai Wisata Gampong Jawa

Foto: Rianza Alfandi/readers.ID

Memperingati momen Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Ikatan Istri Karyawan Pegadaian (IIKP) Aceh melakukan aksi memungut sampah di kawasan Pantai Gampong Jawa, Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh, Minggu (21/2/2021).

Tidak hanya dilakukan di pantai Gampong Jawa, kegiatan yang bekerja sama dengan komunitas Terminal Kreasi Aceh (TKA) itu, juga dilakukan di Tugu Titik Nol Banda Aceh.

Ketua IIKP Aceh, Ita, mengatakan kegiatan memungut sampah tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian dan bakti untuk negeri. Selain itu, kata Ita, juga bermaksud untuk menyadarkan masyarakat agar lebih peduli dengan sampah.

“Kegiatan ini kita ingin masyarakat lebih peduli akan pentingnya mengurangi sampah di pantai wisata khususnya,” kata Ita.

Foto: Rianza Alfandi/readers.ID

Ita mengatakan, membersihkan sampah di pantai tidak hanya bertujuan agar enak dipandang mata. Melainkan juga bermaksud untuk menjaga ekosistem biota laut.

“Kami memilih pantai, selain untuk membersihkan tempat wisata, juga untuk menjaga kesinambungan ekosistem di sekitar laut,” ujarnya.

la menilai, permasalahan sampah saat ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi tanggung jawab seluruh unsur masyarakat dan semua stakeholder.

“Hal dasar yang harus di lakukan ya tentu dengan cara memilah sampah dari rumah, yaitu organik dan non organik. Sehingga saat dibawa ke tempat pembuangan sampah, sampahnya sudah terpilah,” jelas Ita.

Hal senada juga dituturkan Koordinator Terminal Kreasi Aceh (TKA), Reza kurniawan. Katanya,  aksi bersih pantai itu bertujuan untuk lebih menyadarkan masyarakat. Sebab, selain menjadi tempat wisata, pantai juga menjadi tempat berkreasi dan mencari referensi.

“Kita seperti merasa kesedihan ketika melihat kondisi pantai yang semakin hari bukan semakin membaik, nah ini kebetulan dengan memperingati hari HPSN 2021.Tujuannya kita ingin memberitahukan kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan, apalagi di pantai kan tempat kita berkreasi,” ujar Reza.

Reza menilai, sejauh ini hal yang harus dilakukan pemerintah untuk mengurangi jumlah sampah di tempat umum ialah dengan memperketat lagi aturan. Bahkan, bagi yang melanggar bisa dikenakan sanksi yang menimbulkan efek jera.

“Kalau bagi pemerintah, mungkin bisa lebih diperketat dibagian hukum qanunnya untuk bagian pantai. Harus ada sanksi tegas bagi yang membuang sampah sembarangan, karena kalau kita lihat tong sampah sudah lumayan banyak, hanya tinggal kesadaran dari masyarakat saja,” pungkasnya.

Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

CPNS 2021 Ada 1,3 Juta Formasi yang Bakal Disediakan

Next Article

UMKM Harus Dilindungi dari Ancaman Rentenir Online

Related Posts