Erupsi Gunung Sinabung Terpapar ke Aceh Selatan dan Aceh Tenggara

Foto: instagram.com/actforhumanity/

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, kembali  erupsi  Selasa (2/2/2021) sekitar pukul 09.49 WIB. Sinabung erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai  5000 meter, dampak abu tersebut ikut terpapar ke sebagian wilayah di Aceh.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, mengumumkan  semburan abu vulkanik telah mencapai ke wilayah Aceh.

“Bila dilihat dari foto satelit diperkirakan debu vulkanik sudah mulai menyeberang atau terpapar ke Provinsi Aceh,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I SIM Aceh Besar, Zakaria Ahmad, pada Selasa (2/3/2021).

Zakaria mengatakan, ketinggian kolom abu vulkani dari erupsi Gunung Sinabung kali ini berdasarkan informasi dari Koordinator Stasiun Meteorologi Kelas I Kualanamu mencapai 1.000 meter atau 1 kilometer.

Abu tersebut dikabarkan terus bergerak mengarah ke timur atau memasuki wilayah Aceh mengkuti arah angin. Hingga pukul 12.00 WIB, hari ini, abu vulkanik telah terpantau memasuki wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

“Tepatnya wilayah yang mungkin berpengaruh adalah Kabupaten Aceh Tenggara juga sudah meluas ke Kabupaten Aceh Selatan,” ujarnya.

Mencegah hal yang tidak diinginkan dalam kondisi tersebut, Zakaria mengimbau,  masyarakat untuk tidak beraktivitas di luar rumah agar tidak terpapar debu maupun asap vulkanik.

“Khususnya di Kabupaten Aceh Tenggara dan juga Aceh Selatan yang sudah mulai terpapar. Jikapun harus keluar rumah maka jangan lupa memakai masker, memakai kaca mata, menutup tempat makanan, air untuk konsumsi,” imbuhnya.

Total
6
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Ada 215 negara saat ini sedang membutuhkan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 untuk memutuskan mata rantai pagebluk virus corona di masing-masing negara.

Terima Masukan Dari Ulama, Jokowi Cabut Aturan Investasi Miras

Next Article

Jeritan Seorang Ibu di Aceh Divonis 3 Bulan Penjara Karena UU ITE

Related Posts