Foto Esai: Salam Imlek Dari Negeri Syariah

“Walau kita tinggal di daerah Aceh yang memilik aturan syariah Islam, tapi kami merasa aman. Khususnya di kota Banda Aceh. Belum pernah ada konflik agama. Toleransi di kota ini cukup baik” kata Hasan (61), pengurus Vihara Dharma Bakti.

 

Warga Tionghoa sedang berdoa dengan menggunakan hio. Foto: Hotli Simanjuntak.reader.ID

Tepat pukul  00.00 wib tanggal 12 Februari 2021, pengurus Vihara Dharma Bakti Banda Aceh membunyikan beduk sebagai tanda masuknya tahun baru bagi warga Tionghoa di Aceh . Para umat langsung menyalakan hio dan meletakkannya di kening, serta mengucapkan doa harapan mereka di awal tahun.

Menyalakan lilin dalam prosesi ibadah. Foto : Hotli Simanjuntak/readers.ID

Dalam kalender Cina, tahun 2021 merupakan tahun kerbau logam yang akan membawa aura positif bagi perkembangan karier, keuangan, asmara, dan kesehatan.

Menyalakan dupa secara bersama-sama. Foto: Hotli Simanjuntak

“Semoga tahun ini membawa perubahan yang lebih baik, khususnya dibidang kesehatan. Semoga Corona cepat berlalu”kata Silvia, warga Tionghoa di Banda Aceh

Menyalakan hio untuk berdoa. Foto: Hotli Simanjuntak

Meski dalam keadaan pandemic covid, warga Tionghoa dapat melaksanakan ibadah imlek dengan lancar dan nyaman. Yang berbeda kali ini adalah jumlah umat yang tidak terlalu ramai seperti tahun-tahun sebelumnya dan kewajiban menggunakan masker untuk menghindari penyebaran covid.

Berdoa memohon agar keadaan lebih baik. Foto: Hotli Simanjuntak

Meski Aceh berjuluk Serambi Mekkah, mereka tetap bisa beribadah secara nyaman dan aman .

“Walau kita tinggal di daerah Aceh yang memilik aturan syariah Islam, tapi kami merasa aman. Khususnya di kota Banda Aceh. Belum pernah ada konflik agama. Toleransi di kota ini cukup baik” kata Hasan (61), pengurus Vihara Dharma Bakti.

Menyalakan lilin. Foto Hotli Simanjuntak

Di kota Banda Aceh terdapat sekitar 5000 jiwa populasi warga Tionghoa. Sekitar 2500 jiwa diantaranya merayakan tahun baru Imlek, sementara sisa lainya merupakan warga Tionghoa beragama Islam, Kristen maupun Katolik.

Khusuk berdoa . Foto: Hotli Simanjuntak

Pengurus Vihara Dharma Bakti Aceh memulai sembahyang tahun baru Imlek. Foto: Hotli Simanjuntak

Sembahyang Tahun baru Imlek. Foto: Hotli Simajuntak

Umat sedang sembahyang di Vihara Dharma Bakti. Foto: Hotli Simanjuntak

Berlutut berdoa di depan altar sang dewa. Foto: Hotli Simanjuntak

Aceh merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang menerapkan hukum Syariah sebagai hukum positif dengan penerapan Qanun Jinayat. Implementasi hukum Syariah merupakan keistimewaan yang dimiliki provinsi Aceh sebagai salah satu konsekwensi konflik bersenjata antara Gerakan Aceh Merdeka(GAM)  dan Pemerintah Indonesia (RI) yang dimulai pada tahun 1974 dan berakhir tahun 2015 setelah penandatanganan MoU Helsinki di Finlandia tahun 2015.

Foto dan Teks: Hotli Simanjuntak

Total
13
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Kapal Rusia Tanpa Izin Masuk ke Perairan Aceh

Kanwil Kemenkumham Aceh: Kapal Pesiar di Pulau Rusa Tak Melanggar Hukum

Next Article

Foto Feature: Perayaan Tahun Baru Imlek

Related Posts