Foto Feature: Perawatan Gajah Terluka

Dokter hewan dan pawang gajah sedang melakukan perawatan. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID

Dokter hewan beserta pawang gajah sedang melakukan perawatan dan pengobatan terhadap bayi gajah yang terluka di Pusat Latihan Gajah, Saree, Aceh Besar, 15 November 2021. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama masyarakat melakukan upaya penyelamatan anak gajah liar di wilayah Gampong Alue Meuraksa, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya.

Berdasarkan laporan dan informasi masyarakat anak gajah liar tersebut bergerak sendiri dan terpisah dari rombongannya dengan kondisi terluka di bagian belalai, serta terlihat sisa jerat yang masih menempel di bagian belalai.

Gajah sumatra (elephas maximus sumatranus) merupakan salah satu jenis satwa liar dilindungi di Indonesia. Berdasarkan The IUCN Red List of Threatened Species, satwa yang hanya ditemukan di Pulau Sumatra ini berstatus Critically Endangered atau spesies yang terancam kritis, beresiko tinggi untuk punah di alam liar.

Berdasarkan data yang dirilis Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh pada 16 Januari 2020, konflik gajah selama lima tahun terakhir mengalami peningkatan. Pada 2015 lalu, konflik terjadi 39 kali, lalu meningkat menjadi 44 kasus pada 2016.

Pada 2017 konflik gajah di Aceh mengalami peningkatan tajam menjadi 103 kasus. Kendati pada 2018 ada terjadi penurunan yaitu 73 kasus. Tetapi mirisnya pada 2019 konflik gajah di Aceh mengalami peningkatan tajam menjadi 107 kasus.

Dokter hewan dan pawang gajah sedang melakukan perawatan. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID
Menjalani perawatan setelah diselamatkan. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID
Bayi gajah terluka di bagian belalai. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID
Kehilangan belalai akibat jerat. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID
Gajah yang berhasil diselamatkan akibat terluka beberapa waktu yang lalu. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID
Perawatan gajah. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID

Baca Juga:

Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Bappenas: Integrasi NIK dengan NPWP Dimulai pada 2023

Next Article

Impian Akkral Jadikan Aceh Destinasi Wisata Halal

Related Posts