Foto Feature: Satwa Korban Tabrak Lari

Bangkai binturong yang menjadi korban kecelakaan kendaraan di jalan utama Banda Aceh-Meulaboh. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID

Bangkai seekor Binturong (Arctictis binturong) tergeletak di pinggir jalan Banda Aceh – Meulaboh akibat ditabrak oleh kendaraan yang melintas di kawasan Lhok Nga, Aceh Besar, Indonesia, 06 Maret 2021. Binturong (Arctictis binturong) merupakan satwa terbesar dari keluarga musang (Viverridae). Satwa ini disebut “bearcat” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Kucing beruang” karena penampakannya seperti campuran antara kucing dan beruang dengan warna rambut hitam atau kecoklatan.

Satwa ini seringkali disebut sebagai spesies kunci di dalam suatu ekosistem hutan karena Kemampuannya dalam menyebarkan biji buah ara yang berpengaruh sangat krusial dalam kehidupan ekosistem hutan.

Di Indonesia, satwa ini masuk ke dalam daftar satwa dilindungi menurut Peraturan Peraturan Menteri LHK no. P92 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20 tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi. Binturong juga masuk ke dalam daftar merah IUCN dengan status Rentan (Vulnerable, VU), dan daftar CITES dengan status Appendix III.

Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID

Binturong masuk dalam daftar satwa yang dilindungi di Indonesia. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID
Bangkai binturong. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID
Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Pertarungan Mayor dan Jenderal Rebut Tahta Demokrat

Pertarungan Mayor dan Jenderal Rebut Tahta Demokrat

Next Article
Seorang Nakes di Banda Aceh Masuk Rumah Sakit Usai Divaksin

Total Penderita Covid-19 di Aceh Mencapai 9.605 Orang

Related Posts