Foto: Umah Pitu Ruang, Rumah Adat di Dataran Tinggi Gayo

Waktu Baca 1 Menit

Foto: Umah Pitu Ruang, Rumah Adat di Dataran Tinggi Gayo
WhatsApp Image 2022-05-01 at 17.03.47

Aceh memiliki ragam suku dan budaya, termasuk rumah adat yang berbeda-beda. Di dataran tinggi Gayo, rumah adat tentu tidak bisa ditinggalkan dari ukiran kerawang yang melekat pada dinding rumah.

Rumah Adat Masyarakat Gayo atau Umah Pitu Ruang di Kabupaten Bener Meriah. (Readers.ID/Junaidi)

Kerawang ini sebagai hiasan sekaligus mutiara di dinding rumah untuk pelengkap keindahan tampilannya. Dari itu, foto di bawah ini merupakan salah satu bentuk Umah Pitu Ruang di dataran tinggi Gayo.

Rumah adat ini berlokasi di Desa Bale Atu Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Aceh. Berikut tampilan atau foto rumah adat tampak dari depan.

Umah Adat Pitu Ruang tampak dari sudut samping depan.

Sebelumnya, Rumah Adat ini tidak tampak seperti sekarang ini yang tidak diberi pagar. Masyarakat atau pengunjung bebas berfose di samping, di teras depan pintu dan belakang rumah adat tersebut.

Kali ini, pemerintah telah membangun pagar di sekeliling rumah adat itu sehingga hanya bisa dilihat dari luar pagar. Belum ada informasi jadwal buka-tutupnya dari penjaga wisata ini.

Caption

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...