Gempa Dangkal di Aceh karena Aktivitas Sesar Lokal

Gempa melanda Aceh berkekuatan Magnitudo 4,5 di wilayah tengah Provinsi Aceh, Sabtu (30/1/2021 diduga akibat aktivitas sesar lokal.

Hal itu berdasarkan hasil pemantauan analisa yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Geofisika Klas III Aceh Besar di Mata Ie, Kabupaten Aceh Besar.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal Aceh,” kata Kepala Stasiun Geofisika Klas III Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro, saat dikonfirmasi, Sabtu (30/1/2021).

Seperti diketahui, gempa tektonik terjadi pada Sabtu, sekira pukul 16.06 WIB berpusat di 4,67 Lintang Utara dan 96,46 Bujur Timur atau tepatnya di 40 kilometer sebelah tenggara Kaputaten Pidie Jaya.

Gempa yang dirasakan hingga Takengon, Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah tersebut berada di kedalaman 20 kilometer.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” ujar Djati.

Hingga pukul 16.54 WIB, hasil monitoring BMKG mengatakan belum ada kejadian gempa bumi susulan dari gempa yang terjadi sebelumnya.

Menghindari hal yang tidak diinginkan, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.[acl]

Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Jalan Dusun Bedari Aceh Timur Rusak Parah, Warga Harus Seberang Sungai

Jalan Dusun Bedari Aceh Timur Rusak Parah, Warga Harus Seberang Sungai

Next Article

Sosok Wanita Pembeli Pulau Lantigiang Selayar Seharga Rp 900 Juta

Related Posts