Harga Emas Terus Menurun, Pembelian Meningkat Hingga 90 Persen

Harga Emas Terus, Pembelian Meningkat Hingga 90 Persen
Toko Emas Ichlas di Pasar Aceh, Kota Banda Aceh. readers.ID | Muhammad
Harga emas di Kota Banda Aceh sejak beberapa hari terakhir dalam kondisi stabil. Pedagang emas di Pasar Aceh Murizal mengatakan, harga emas dijual mulai dari sehari Rp 2,610 juta per mayam.
“Harga emas dari Senin hingga Kamis terbilang stabil, yakni Rp2,610 juta belum termasuk ongkos pembuatan,” kata Murizal, ketika dijumpai di Toko Emas Ichlas, pada Kamis (11/3/2021).
Harga penjualan emas di toko dikatakannya, bisa berubah sesuai ongkos pembuatan. Hal itu disesuaikan dengan jenis perhiasan dan kerumitan sehingga harganya bisa mencapai Rp2,670 juta sampai Rp2,680 juta per mayam.
Meski terbilang stabil, namun harga emas selama satu pekan ini terbilang lebih murah dibandingkan pada Februari 2021 lalu.
“Tetapi ini sudah termasuk turun juga dibandingkan dengan bulan lalu, yang mana harganya masih Rp2,8 juta per mayam,” ujar Murizal.
Turunnya harga emas dunia yang harganya sempat US$1.850 per ons troi menjadi US$1.720 per ons troi, dikatakannya, adalah salah satu penyebab stabilnya harga emas di Kota Banda Aceh.
“Bahkan dalam minggu ini turun menjadi US$1.720 per ons troi atau hampir US$100 per ons troi turun,” ungkapnya.
Harga emas yang stabil dan mengalami penurunan setiap pekannya membuat banyak warga membeli emas sehingga aktivitas penjualan diakui Murizal meningkatkan hingga 90%.
“Kalau kami lihat sebagai pedagang emas, daya beli masyarakat mencapai 90% dan daya jualnya hanya 10%. Mungkin digunakan untuk investasi, tabungan, mahar atau mas kawin, bayar hutang piutang,” katanya.
Pemilik Toko Emas Ichlas itu belum bisa memastikan apakah harga emas di pekan-pekan selanjutnya akan terus turun.
Mengingat lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang tidak mungkin bisa menembus hingga Rp13.000.
Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Asa Masyarakat Pulo Aceh, Berharap Ambulans Laut Segera Hadir

Next Article

Saat Institusi Keamanan pun Rentan Terlibat Narkoba

Related Posts