Hari Ini Tiga Kali Diguncang Gempa di Aceh

Hari Ini Tiga Kali Diguncang Gempa di Aceh
Ilustrasi. Foto BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh melaporkan hari ini, Selasa (16/2/2021) provinsi Aceh tiga kali diguncang gempa.

Pertama kali gempa terjadi di Sinabang, Kabupaten Simeulue dengan kekuatan Magnitudo 3.3 berada di Tenggara Sinabang dengan kedalaman 10 kilometer – yang terjadi pukul 05.35 WIB.

Gempa selanjutnya terjadi pada pukul 08.10 WIB masih berlokasi di Kabupaten Simeulue, tepatnya 66 kilometer Barat Daya Sinabang dengan kedalaman 18 kilometer.

Berselang satu menit kemudian, gempa melanda Kabupaten Aceh Singkil pukul 08.11 WIB berada di 36 kilometer Barat Laut, Aceh Singkil, dengan kedalaman 190 kilometer.

Kepala BMKG Aceh, Jati Cipto Kuncoro mengatakan, gempa juga melanda Aceh kemarin, Senin (15/2/2021) pada pukul 21.52 WIB di wilayah Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan jenis gempa bumi tektonik.

Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 3,7. Episenter terletak pada koordinat 3,02 LU dan 97,44 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 37 km Tenggara KAB-ACEHSELATAN pada kedalaman 5 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal di wilayah Tapaktuan,” kata Jati Cipto Kuncoro.

Ia meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tutupnya.[acl]

Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Seorang Nakes di Banda Aceh Masuk Rumah Sakit Usai Divaksin

Kadin: 3.000 Perusahaan Daftar Vaksin Mandiri Covid-19

Next Article
mplementasi terhadap undang-undang tersebut jangan sampai menimbulkan rasa ketidakadilan.

Presiden Ingatkan UU ITE Jangan Menimbulkan Ketidakadilan

Related Posts