Isi Materi Kader HMI, Sulaiman Cerita Suka Duka Terjun ke Politik

Anggota Komisi II DPR Aceh, Sulaiman, memberikan materi kepada peserta Basic Training HMI (LK-1). Foto: Dok, istimewa

Anggota Komisi II DPR Aceh Sulaiman memberikan materi kepada peserta Basic Training HMI (LK-1), untuk peserta dari Komisariat Poltekkes Aceh cabang Aceh Besar.

Kegiatan yang bertemakan “Menumbuhkan Karakter Mahasiswa yang Berintegritas dalam Berorganisasi dengan Semangat Kebangsaan dalam Bingkai Keislaman”  itu telah berlangsung digelar selama empat hari sejak 18 hingga 21 Februari 2021 di Aula Insan Cita HMI Cabang Banda Aceh.

Adapun peserta kegiatan berasal dari mahasiswa Poltekkes Aceh, Universitas Serambi Mekkah, dan Universitas Syiah Kuala didominasi oleh Mahasiswa yang notabenenya semester 2 dan semester 4.

Dalam kesempatan itu, Sulaiman mengupas satu-persatu ihwal betapa pentingnya mahasiswa mengambil peran  aktif dalam berorganisasi. Agar terbentuknya karakter mahasiswa serta mendidik mereka agar lebih lantang dalam menyuarakan kepentingan umat.

Anggota Komisi II DPR Aceh, Sulaiman, memberikan materi kepada peserta Basic Training HMI (LK-1). Foto: Dok, istimewa

Mantan Ketua DPRK Aceh besar ini memberikan gambaran dari manfaat dalam berorganisasi, agar terciptanya hubungan silaturrahmi yang akan berdampak kepada keberlanjutan lembaga dan terbinanya hubungan baik secara personal mahasiswa itu sendiri.

“Selain mengedepankan perkuliahan yang menjadi tanggungjawab kita kepada orang tua, tidak salahnya kita ber-HMI sebagai bekal yang akan membentuk pemahaman kita suatu saat nanti,” ujar Sulaiman.

Sulaiman menjelaskan, Pendidikan yang ditempuh oleh setiap orang belum tentu menjadikan sebuah jaminan bagi orang tersebut akan bekerja sesuai dengan ilmu yang digeluti semasa kuliah.

Dihadapan para peserta, ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRA itu turut menceritakan suka dan duka ketika ia memilih terjun kedunia politik.

Namun, baginya tidak menjadi sebuah hambatan saat berhadapan dengan persoalan yang muncul ditengah masyarakat.  Justru ketika mengetahui persoalan yang muncul, ia berharap dirinya menjadi orang yang bisa menyelesaikan persoalan itu.

“Nah, ilmu itu saya dapatkan semuanya  di HMI yang kita banggakan ini, kemudian, ilmu tentang kepemimpinan, kemudian bagaimana memimpin sebuah rapat yang didalamnya ada teknik persidangan, kesemua problem solving itu saya dapatkan di HMI ketika dulunya saya bergabung saat masih Mahasiswa,” pungkasnya. [ril]

Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 28 TKI Ilegal ke Malaysia

Next Article

Faktor Cuaca Buruk BBM di Banda Aceh Langka

Related Posts