Jalan Penghubung Abdya-Gayo Lues Ditargetkan Tuntas 2022

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, bersama Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, mengoperasikan alat berat Excavator sebagai tanda dimulainya Ground Breaking Jalan Babahrot-Galus, di Kabupaten Aceh Barat Daya, Rabu (3/2/2021). (Foto/Ist)

Pengujian alat berat excavator di Gampong Ie Mirah, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya pada Rabu (3/2/2021), menandai awal proyek peningkatan Jalan Batas Gayo Lues – Babahrot.

Jalan yang menghubungkan dua kabupaten, Aceh Barat Daya dan Gayo Lues ini merentang sepanjang 28,47 kilometer. Pemerintah Aceh menargetkan proyek ini tuntas pada 2022 mendatang. Pasalnya, jalan tersebut salah satu prioritas dari rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Aceh tahun 2017-2022.

“Jalan di seluruh Aceh kita targetkan mencapai 98,65 persen di tahun 2022,” kata Gubernur Nova Iriansyah, saat prosesi peletakan baru pertama proyek jalan batas tersebut.

Peningkatan Jalan Batas Gayo Lues – Babahrot biayanya menggunakan skema kontrak tahun jamak atau multiyears. Melalui skema yang sama, pemerintah juga bakal membangun jalan Blangkejeren–Tongra-Batas Aceh Barat Daya, sepanjang 90,15 km dari total panjang 118,62 km.

Nova mengklaim, keberadaan jalan itu dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari yang mulanya lima-enam jam, kini bisa tiga jam saja. Waktu yang singkat itu tentu dapat menunjang aksesibilitas kedua wilayah, Abdya dan Gayo Lues, dalam hal transaksi perdagangan dan memunculkan sentra ekonomi baru.

“Terutama distribusi hasil bumi dan pertanian serta juga mobilitas penduduk antar kabupaten,” kata Nova. (ril)

Total
6
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Proyek Multiyears di Simeulue Segera Dimulai

Next Article

Effendi Hasan: Pilkada 2024 Upaya Pelemahan UUPA

Related Posts