Jubir Jokowi: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir soal Vaksin

Jubir Presiden Minta Jangan Terkecoh Informasi Hoaks tentang Vaksin Sinovac
Ilustrasi: Muhammad Ridha/readers.ID

Juru bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, mengatakan vaksin yang digunakan oleh Presiden tidak ada bedanya dengan yang digunakan masyarakat. Karena itu ia mengingatkan agar warga tidak cemas dan mudah percaya dengan berita bohong (hoax) soal vaksin. 

“Vaksin yang digunakan Presiden Jokowi Dodo sama dengan yang akan dipakai untuk masyarakat. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Fadjroel, saat menjadi pembicara dalam seminar virtual “Mengawal ProgramVaksinasi Covid-19 di Aceh” yang diadakan oleh readers.ID, Kamis (4/2/2021).

Fadjroel mengungkapkan, saat ini Indonesia menggunakan dua strategi untuk memutuskan mata rantai pandemi Covid-19. Yaitu, pertama dengan menerapkan protokol kesehatan dan kedua melakukan vasinasi

“Vaksinasi Covid-19 menjadi langkah selanjutnya, yang sejak awal Presiden Joko Widodo mendorong kemampuan dalam negeri terkait pengadaan vaksin,” ujarnya.

Fadjroel tak menampik banyak tantangan dalam meyakinkan masyarakat untuk mempercayai Vaksin Sivovac, ada  masyarakat yang mempermasalahkan vaksin karena alasan keagamaan, juga  efektivitas dan keamanan, serta mereka  yang terpapar isu hoax.

“Banyak masyarakat masih mempermasalahkan vaksin, padahal vaksin tersebut sudah mendapat izin dari BPOM dan juga sudah mendapatkan legalitas halal dari MUI bahwa vaksin sinovac ini aman dan suci untuk digunkan,” jelas Jubir Presiden RI itu.

Selanjutnya,  Fadjroel mengatakan, untuk membujuk atau meyakinkan masyarakat terhadap vaksin,  tidak hanya peran pemerintah semata melainkan kolaborasi dengan berbagai komunitas, akademisi, dunia usaha dan media tentunya.

“perlu kunci dari semua pihak untuk memenangkan komunikasi terkait vaksin, harus bersama-sama membangun kewarasan digital dengan membangun narasi positif berdasarkan data dan ilmu pengetahuan,” tutur Fadjroel.

Kemudian Fadjroel juga mendorong agar semua pihak bisa mengetahui cara mengecek  suatu informasi tentang vaksin itu benar atau salah (hoax).

“Banyak disinformasi beredar di internet, untuk mengetahui informasi vaksin yang pertama bisa melalui website resmi infovaksin. Kemudian memasukkan kata kunci yang ingin dicari, terkahir baca penjelasan pada artikel terkait lalu sampaikan yang benar,” pungkasnya.

Total
35
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Jubir Presiden Minta Jangan Terkecoh Informasi Hoaks tentang Vaksin Sinovac

Jubir Presiden Minta Jangan Terkecoh Informasi Hoaks tentang Vaksin Sinovac

Next Article

Jaringan Sipil Asia Kecam Kudeta Militer di Myanmar

Related Posts