Kanwil Kemenkumham Aceh: Kapal Pesiar di Pulau Rusa Tak Melanggar Hukum

Kapal Rusia Tanpa Izin Masuk ke Perairan Aceh
Kapal Rusia Tanpa Izin Masuk ke Perairan Aceh. Foto Hotli Simanjuntak/readers.ID

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Aceh, memastikan kapal pesiar La Datcha George Town yang masuk tanpa izin ke wilayah Pulau Rusa, Aceh Besar, tidak terindikasi melakukan pelanggaran.

“Jadi kesimpulan kami, dari semua instansi menyebutkan tidak adanya indikasi pelanggaran hukum,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Aceh, Heni Yuwono, dalam konferensi pers Kamis (11/2/2021).

Heni mengatakan, hasil pemeriksaan tim gabungan terdiri dari Polairud Polda Aceh, Imigrasi, KKP, TNI-AL, dan instansi terkain lainnya, menyatakan kapal pesiar bernama La Datcha George Town itu tidak melakukan pelanggaran hukum. Kapal ini dalam kondisi darurat akibat kerusakan mesin.

“Sudah kita periksa dan pastikan bahwa kapal itu tidak ada unsur kesengajaan masuk ke wilayah Indonesia. Tentunya akan kita kembalikan dan tidak akan kita tahan,” ungkap Heni.

Sementara itu, terkait dengan paspor 18 warga negara asing yang sempat ditahan pihak imigrasi, rencananya akan segera dikembalikan mengingat kapal yang dikapteni Alexander Baronjan, warga negara Jerman, akan melanjutkan perjalanan.

Total
5
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

18 Awak Kapal Pesiar yang Masuk ke Aceh Tanpa Izin Negatif Corona

Next Article

Foto Esai: Salam Imlek Dari Negeri Syariah

Related Posts