Karhutla di Aceh Selatan Capai 60 Hektar, Pemerintah Tetapkan Status Siaga

Foto: Dok, istimewa

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Aceh Selatan belum kunjung padam. Kebakaran yang telah berlangsung selama sepekan itu, hingga kini telah menghanguskan sekitar 60 hektar lahan gambut 

“Terus meluas, karena areal terbakar luas dan api belum dapat dipadamkan sehingga setiap hari terus areal yang terbakar meluas. Data sekarang kurang lebih 60 hektar,” kata Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma, saat dikonfirmasi, Senin (22/2/2021).

Kebakaran lahan di Aceh Selatan tersebar di dua kecamatan, yakni di wilayah Gampong Padang Beurahan dan Ujong Padang di Kecamatan Bakongan serta Gampong Keude Trumon di Kecamatan Trumon.

Kondisi kemarau, dikatakan Cut Syazalisma, menjadi faktor utama semakin cepatnya penyebaran api. Selain itu, minimnya personel serta sumber air yang jauh membuat api sulit dipadamkan.

Tak hanya itu, pihaknya juga harus membagi personel ke tujuh titik panas yang terpantau di daerah, empat titik di Trumon dan tiga titik di Bakongan.

“Personel kita kewalahan untuk mencapai titik-titk api di pinggiran lahan sehingga penyebaran belum sanggup teratasi,” ujarnya.

Kebakaran yang telah terjadi sejak 14 Februari 2021 tersebut, diperkirakan bisa saja memasuki kawasan hutan lindung Tanam Nasional Gunung Leuser (TNGL) apabila api terus merambat dan meluas.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan telah menetapkan status siaga darurat Karhutla selama 60 hari ke depan,” kata Cut Syazalisma.

Saat ini tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, polisi utan, BPBD Aceh Selatan, dan masyarakat masih terus berupaya memadamkan api.

Guna mencegah kebakaran semakin meluas, BPBD Aceh Selatan mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran ketika membuka lahan perbekunan terutama saat cuaca kemarau.

Total
31
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Pemerintah Bentuk Jaksa Agung Bidang Pidana Militer, Apa Fungsinya?

Next Article

Bea Cukai Sita 103 Karung Bawang Merah Impor di Langsa

Related Posts