Musala di Tempat Wisata Aceh Jaya Dibakar OTK

Sebuah unit tempat ibadah (musala) di lokasi wisata Danau Laot Bhee Desa Gunong Buloh, Kecamatan Panga, Aceh Jaya, diduga dibakar oleh orang tak dikenal (OTK) pada Selasa (23/2/2021).
Musala yang dibakar OTK di tempat wisata Kabupaten Aceh Jaya. Foto Ist

Sebuah unit tempat ibadah (musala) di lokasi wisata Danau Laot Bhee Desa Gunong Buloh, Kecamatan Panga, Aceh Jaya, diduga dibakar oleh orang tak dikenal (OTK) pada Selasa (23/2/2021).

Kapolsek Panga, Iptu Syamsul, mengatakan tidak hanya musala saja yang dibakar di tempat wisata tersebut. Melainkan juga terdapat satu unit gubuk lainnya yang nyaris hangus dibakar oleh orang tak dikenal.

Syamsul meyebutkan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari salah seorang warga, Maimun, pembakaran dua bangunan oleh OTK tersebut diduga dilakukan dengan sengaja karena berada di wiayah sengketa perbatasan. Yakni antara desa Gunong Buloh Kecamatan Panga dengan Desa Seneubok Padang dan Desa Kubu Kecamatan Tunom.

“Diduga dilakukan dengan sengaja karena berada di wilayah sengketa perbatasan,” kata Syamsul, Rabu (24/2/2021).

Kemudian, Syamsul mengungkapkan, Maimun juga meminta pihak kepolisian untuk menangkap pelaku, karena selain sebagai tempat ibadah, musala yang dibakar itu juga baru saja siap dibangun.

“Musala itu untuk beribadah bagi setiap muslim yang mengunjungi destinasi wisata Laot Bhee,” ujarnya.

Selain itu, kata Syamsul, menurut keterangan lain dari Keuchik Desa Gunong Buloh, Amin, pembakaran diperkiran sudah terjadi sejak 2 sampai 3 hari yang lalu. Namun, kabar pembakaran tersebut baru diketahui oleh pengelola tempat wisata (Khari) sekitar pukul 17:00 WIB, Selasa (23/2/2021), saat ia baru pulang dari kebun semangka miliknya.

“Selain membakar musala yang berada di tempat wisata Laot bhee, Orang Tak Dikenal juga ikut membakar satu buah gubuk milik saudara Herman yang berada tidak jauh dari mushala,” ungkapnya.

Selanjutnya, berdasarkan keterangan dari Amin, musala yang terbakar itu merupakan bantuan dari Bupati Aceh jaya agar masyarakat yang berkunjung ke wisata di Laot Bhee dapat melaksanakan ibadah.

Atas peristiwa pembakaran tersebut, kata Syamsul, saat ini sudah ditangani dan didalami oleh pihaknya.

“Kasus pembakaran musala sudah ditangani dan di dalami oleh Polsek Panga. Untuk perkembangan selanjutnya akan terus dimonitor dan dilaporkan,” kata Syamsul.[acl]

Total
4
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Pemerintah Keluarkan Materai Elektronik

Pemerintah Keluarkan Materai Elektronik

Next Article

MPU Desak Aparat Usut Tuntas Pembakaran Musala di Aceh Jaya

Related Posts