Nelayan Aceh Selamatkan WNA Thailand Terombang-ambing di Laut

dok. istimewa

Seorang warga negara asing asal Thailand, Pim Manaf Langmaja (22), ditemukan terombang-ambing di laut tepatnya 50 mil dari bibir pantai Kuala Idi Cut, Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur, pada Kamis (17/6/2021).

Kepala Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Kasat Polairud) Kepolisian Resor (Polres) Aceh Timur, Iptu Zainurrusydi mengatakan, korban pertama kali ditemukan oleh nelayan Aceh sekitar pukul 18.00 WIB saat sedang berlayar.

“Terdengar suara orang meminta tolong di dalam air, ketika terlihat oleh pawang ternyata ada satu orang laki-laki sedang terombang ambing di laut menggunakan life jaket atau jaket pelampung pada badan dan menggunakan pelampung dari styrofoam,” kata Zainurrusydi, pada Minggu (20/6/2021).

Penemuan warga negara asing tersebut berawal saat Musliadi (30) berlayar bersama dua nelayan lainnya, Muliadi (25) dan Hariandi (40) menggunakan Kapal Motor (KM) Althaf Jaya, mesin GT7. Tiba-tiba di tengah laut, Musliadi mendengar suara seseorang meminta tolong.

Para nelayan Aceh ini pun mendekati sumber suara dan menemukan korban sedang terombang-ambing. Kamudian korban ditolong dan dibawa ke darat untuk dilaporkan ke Panglima Laot Idi Cut.

“Menurut keterangan Pawang Musliadi, Korban yang ditolong tersebut adalah Warga Negara Thailand, sudah terombang ambing selama 5 hari di laut, untuk TKP lokasi titik koordinat 5°48.557′ N 97°44.557′ E,” ujar Zainurrusydi.

Terhadap warga negara asing tersebut dilakukan swab antigen oleh Dinas Kesehatan Aceh Timur. Hasilnya, warga negara Thailand dinyatakan negatif Covid-19.

“Selanjutnya pihak imigrasi Kota Langsa membawa warga Thailand tersebut untuk tindak selanjutnya,” imbuhnya.

Total
0
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Seorang Petani di Aceh Timur Ditemukan Tewas di Kebun Sawit

Next Article

Ratusan Warga Lhokseumawe Terjaring Razia saat Nongkrong di Waduk

Related Posts