Pegawai di Aceh Besar Wajib Berbusana Daerah Setiap Kamis

Ilustrasi: Polisi Wanita (Polwan) Satlantas Polres Lhokseumawe mengenakan pakaian adat Aceh membagikan bunga kepada ibu-ibu pengguna jalan di Lhokseumawe, Aceh. (ANTARA/Rahmad)

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mewajibkan seluruh pegawai untuk berbicara menggunakan bahasa Aceh serta mengenakan pakaian adat, setiap Hari Kamis.

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali menyampaikan hal itu melalui Surat Edaran Nomor 061/046 tentang Penggunaan Bahasa Aceh sebagai Bahasa Komunikasi Lisan di Lingkungan Pemkab Aceh Besar. Arahan ini terbit pada 30 Desember 2020.

Di dalam surat itu, bupati menyatakan penting untuk mengimplementasikan visi dan misi di bidang budaya dan adat istiadat. Khususnya mengenai penggunaan bahasa daerah.

“(maka) perlu mengeluarkan surat edaran tentang penggunaan Bahasa Aceh sebagai bahasa komunikasi lisan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar,” bunyi isi dari surat edaran tersebut.

Selanjutnya, dalam surat itu pihaknya juga menetapkan Kamis sebagai hari wajib penggunaan pakaian adat Aceh bagi para pegawai, “sesuai dengan surat edaran bupati Aceh Besar 061/4938/2018 tanggal 9 Juni 2018.”

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, Muhajir membenarkan perihal surat edaran serta kebijakan itu.

“Iya benar, setiap Kamis,” kata Muhajir, pada Senin (2/2/2021).

Ia beralasan, hal itu sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk melestarikan budaya di Aceh Besar. “Tentunya pemerintah menjadi pelopor dalam menggerakkan ini,” ujarnya.

Ia mengatakan aturan telah diterapkan selama tiga minggu atau sejak surat edaran dikeluarkan oleh bupati. Meskipun demikian, tidak ada sanksi bagi pegawai yang tidak mengikuti kebijakan tersebut.

“Sanksi tidak ada, bagi yang belum bisa ini merupakan kesempatan belajar untuk mengenal kearifan lokal dalam hal ini bahasa daerah,” timpalnya. (Fd)

Total
6
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Jokowi: Ekonomi Syariah Tumbuh Stabil di Tengah Pandemi

Jokowi: Ekonomi Syariah Tumbuh Stabil di Tengah Pandemi

Next Article
Nova Berharap BSI Bisa Berdampingan dengan Bank Aceh Syariah

Nova Berharap BSI Bisa Berdampingan dengan Bank Aceh Syariah

Related Posts