Pemerintah Aceh Beri Pemutihan Pajak Kendaraan Hingga 2022

otonesia.id
Ilustrasi pemutihan pajak kendaraan. [Foto: otonesia.id]

Pemerintah Provinsi Aceh mengeluarkan aturan terkait pemberian keringanan denda atau pembebasan pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat. Peraturan itu berlaku mulai 30 November 2021 hingga 31 Maret 2022.

Aturan tersebut berdasarkan keputusan yang dikeluarkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh Nomor 47 Tahun 2021 tentang Pembebasan dan/atau Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Kedua serta Pajak Progresif pada Situasi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Peraturan Gubernur ini bertujuan untuk mengurangi dampak resesi ekonomi masyarakat akibat pandemi Corona Virus Disease 2019,” dikutip dari Pergub Aceh nomor 47/2021, Rabu (24/11/2021).

Peraturan yang sudah diteken oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah itu menyebutkan, kendaraan bermotor yang menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) satu sampai dengan empat tahun dibebaskan sanksi berupa denda PKB dan pajak progresif.

Kemudian, kendaraan bermotor yang menunggak di atas empat tahun dikenakan pada pokok PKB sebanyak empat tahun PKB dan dibebaskan sanksi administrasi berupa denda PKB dan pajak progresif.

Sementara itu, untuk kendaraan bermotor yang beralih kepemilikan atau mutasi diberikan pembebasan pembayaran Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) kedua dan sanksi administrasi berupa denda BBNKB Kedua.

“Kendaraan bermotor yang beralih kepemilikan atau mutasi sebagaimana dimaksud pada ayat satu diberikan pajak progresif dan sanksi administrasi berupa denda PKB,” tulis Pergub.

Selanjutnya, kendaraan bermotor yang beralih kepemilikan atau mutasi sebagaimana dimaksud pada tetap dikenakan PKB sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tidak hanya itu, bagi kendaraan bermotor yang dilakukan pembayaran PKB dan BBNKB kedua diberikan pembebasan pengenaan pajak progresif selama masa pemberian atau keringanan sebagaimana diatur dalam Pergub ini.[mu]

Total
12
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Dek Gam, Dilantik Jadi Pimpinan MKD DPR RI

Next Article
ANTARA/HO/Dok Bidhumas Polda Aceh

Aceh Perpanjang PPKM Level 3 dan 2

Related Posts