Pemerintah Diminta Beri Perhatian Khusus untuk Perempuan

Direktur Aceh Women’s for Peace Foundation (AWPF), Irma Sari. Dok, istimewa

Memperingati International Women’s Day (IWD), Direktur Aceh Women’s for Peace Foundation (AWPF), Irma Sari, meminta pemerintah agar memberikan perhatian khusus serta tindakan lebih serius dalam memperjuangkan hak-hak perempuan.

“Pada momen ini kami berharap pemerintah daerah lebih memberikan perhatian khusus untuk isu-isu perempuan, misalnya dengan melakukan dialog interaktif dan penganggaran,” kata Irma pada readers.ID Senin (8/3/2021).

Menurutnya, peringatan Hari Perempuan Internasional yang sudah diperingati sejak awal tahun 1900-an itu  bertujuan untuk menyorot wanita dan hak-hak mereka.

“IWD adalah hari global yang merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan. Hari itu juga menandai seruan untuk bertindak mempercepat kesetaraan perempuan,” ujar Irma.

Irma menuturkan, perempuan seharusnya bisa memilih untuk menantang dan menyerukan bias ketidaksetaraan gender. Selain itu, kata Irma, semua perempuan juga dapat memilih untuk mencari dan merayakan setiap pencapaiannya.

Lanjutnya, mewakili suara perempuan Aceh, Irma berharap ada kebijakan khusus dalam hal untuk penanganan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan, yaitu adanya hukuman yang tepat terhadap pelaku kekerasan seksual dan adanya pemenuhan hak serta pemberdayaan terhadap korban pelecehan seksual.

“Kita melihat masih banyak kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan, khususnya kekerasan seksual yang terjadi disalah satu kabupaten di Aceh, di Bener Meriah yang di dampingi oleh AWPF,” jelas Irma.

Sebab itu, ia mengungkapkan akan terus mendorong pemerintah untuk segera membentuk dan mengesahkan kebijakan soal kekerasan seksual.

“Melalui peringatan IDW ini kami mendorong Pemerintah Pusat untuk segera mengesahkan rancangan undang-undang penghapusan kekerasan seksual (RUU PKS),” pungkas Irma.

Total
5
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Foto Feature: Hukum Cambuk Pelanggar Shariah

Next Article

Mulai Besok, Pasien RSUDZA di 8 Ruangan Rawatan Akan Dipindahkan

Related Posts