Pemprov Aceh, DPRA dan KIP Disarankan Kompak Temui Mendagri Bahas Pilkada

Foto: instagram/ta.khalid

Terkait polemik pelaksanaan Pilkada Aceh tahun 2022. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra, TA Khalid, menyarankan kepada Pemerintah Aceh, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk bersama-sama menjumpai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Saran saya, DPR Aceh berkomunikasi dengan Gubernur datang bersama sekali ke Mendagri. Baiknya bertiga, jangan datang masing-masing. KIP datang, Pemerintah Aceh datang, DPR datang. Kalau tiga ini datang, Insya Allah,” kata Khalid, Senin (15/2/2021).

Khalid menyebutkan, sejauh ini terdapat dua hal utama yang menjadi perhatian terkait pelaksanaan Pilkada 2022. Pertama, ialah adanya multitafsir dari pusat terhadap regulasi. Kedua, yakni masalah internal termasuk di dalamnya tentang ketersediaan anggaran yang masih berada di pos Belanja Tak Terduga (BTT).

Gerindra sejak awal tidak ingin Pilkada Aceh dikaitkan dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, karena dinilai multitafsir. Karena itu, sebut Khalid, tetap berpedoman pada UUPA sebagai langkah awal perjuangan.

“Maka saya izin beri masukan, sebenarnya clear-kan dulu semua masalah ini. Anggaran ini bagaimana cara diclearkan agar menjadi keyakinan pemerintah pusat bahwa kita tidak masalah dengan anggaran. Kalau memang di tempatkan anggaran di BTT, apakah sepakat dengan pemerintah, itu harus komunikasi,” jelasnya.

Sebelumnya, kata Khalid, pada rapat paripurna ia juga sudah mengusulkan soal Pilkada Aceh. Berusaha untuk merasionalkan pihak nasional bahwa UUPA juga mengatur Pilkada secara khusus.

“Saya bicara di paripurna bahwa Pilkada Aceh bukan hanya mengatur jadwal tapi mengatur cara perekrutan KIP, Panwas dan lain sebagainya,” jelas Khalid.

Saat ini Khalid berharap konflik regulasi yang terjadi setiap menjelang Pilkada di Aceh, dapat diselesaikan secara bersama. Karena kemenangan bukan pada kehebatan, melainkan pada kekompakan.

“Saya lihat semua sepakat Pilkada 2022, tapi dibelakang itu kita berdebat dengan sesama. Saat ini buang ego masing-masing. Maaf saya katakan, tengoeh talet bui bek tapoeh ase droe,” tegas Khalid.

Total
1
Shares
1 comment

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Pendaftaran Seleksi SNMPTN USK Mulai Hari Ini

Pendaftaran Seleksi SNMPTN USK Mulai Hari Ini

Next Article

BPCB Aceh Observasi Batu Nisan Kuno di Gerbang Tol Sibanceh

Related Posts