Penumpang Kapal di Pelabuhan Calang Wajib Miliki Sertifikat Vaksin

Petugas memeriksa sertifikat vaksinasi penumpang kapal penyeberangan di pintu masuk Pelabuhan Calang, Aceh Jaya
Petugas memeriksa sertifikat vaksinasi penumpang kapal penyeberangan di pintu masuk Pelabuhan Calang, Aceh Jaya, Rabu (22/9/2021). ANTARA/Arif Hidayat

Pelabuhan Calang di Aceh Jaya mewajibkan penumpang kapal yang menggunakan jasa pelayaran untuk menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19. Aturan itu mulai diberlakukan sejak Senin (20/9/2021) 

Pejabat Syahbandar Pelabuhan Calang, Azwana Amru Harahap mengatakan, kebijakan itu berdasarkan surat edaran Menteri Perhubungan.

“Sebenarnya, surat edaran itu sudah harus diberlakukan sejak Juli lalu. Namun, kami juga harus koordinasi dulu dengan pihak gugus tugas serta sosialisasi kepada masyarakat,” kata Azwana, dilansir dari Antara, pada Kamis (23/9/2021).

Belum diketahui hingga kapan aturan menunjukan sertifikat vaksinasi Covid-19 bagi penumpang tersebut diberlakukan.

“Kebijakan berdasarkan surat edaran Menteri Perhubungan tersebut berlaku bagi seluruh penumpang kapal baik, KMP Aceh Hebat maupun KM Sabuk Nusantara yang melayani penyeberangan ke Sinabang, Pulau Simeulue,” kata Azwana Amru.

Bagi penumpang yang tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19, bisa melampirkan surat keterangan dari dokter yang menunjukkan alasan tidak bisa atau belum bisa divaksin.

Bagi calon penumpang yang belum memiliki sertifikat vaksinasi, kata dia, bisa mendatangi Puskesmas Calang untuk mendapatkan vaksin COVID-19 sebelum keberangkatan

“Bagi yang belum divaksin, kami minta divaksin ke Puskesmas Calang dengan ketentuan vaksinasi dilakukan selama jam kerja di pusat kesehatan tersebut,” kata Azwana.[mu]

Total
6
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri)

Angka Miskin Ekstrem di Indonesia Bertambah Selama Pandemi

Next Article
Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara dan penasihat hukumnya Maqdir Ismail mengikuti sidang pembacaan vonis dari Gedung Pusat Edukasi AntiKorupsi KPK Jakarta.

Eks Mensos, Juliari Batubara Ditahan di Lapas Tangerang

Related Posts