Polda Aceh Bakal Tindak Pelaku Pembakaran Hutan

Polda Aceh Bakal Tindak Pelaku Pembakaran Hutan
Lokasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Barat. Foto Istimewa

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh, Inspektur Jenderal Polisi Wahyu Widada menegaskan akan menindak tegas para pelaku pembakar hutan dan lahan di Provinsi Aceh.

“Kita akan melakukan penegakan hukum kepada para pelaku yang melakukan pelanggaran hukum pembakaran lahan dan hutan,” kata Widada, Rabu (3/3/2021).

Pernyataan itu disampaikan Kapolda Aceh usai meninjau langsung lokasi titik api kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, pada Selasa (2/3/2021).

Usai meninjau Gampong Peunaga Cut Ujung, Kecamatan Merbo, Aceh Barat yang merupakan lokasi kebakaran, Kapolda menyampaikan jika proses pemadaman di lahan terbakar harus terus disiram. Mengingat titik api adalah lahan gambut yang sulit dipadamkan walau api terlihat sudah mati.

“Karena lahan gambut harus didinginkan secara terus menerus, sehingga tidak akan timbul api kembali dan saat ini lokasi yang sudah berhasil dipadamkan adalah sekira 85 persen,” ujarnya.

Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan masyarakat diimbau untuk tidak membakar lahan saat membuka lahan.

Oleh karena itu, ia berharap kepada seluruh personel kepolisian agar menindak tegas bagi pelanggar hukum yang melakukan pembakaran hutan.

Tujuannya agar melestarikan hutan demi kepentingan masyarakat saat ini maupun di masa yang akan datang.

“Untuk kepentingan masyarakat, kepentingan anak cucu kita dalam rangka melestarikan hutan, jangan takut, jangan ragu, jangan mundur,” kata Widada.

“Saya yakinkan, saya akan tindak tegas. Saya akan tindak tegas,” tegas Kapolda.[acl]

Total
12
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Rivalitas Antar Legend, Bank Aceh Syariah Tumbangkan Sigupai 2-1

Next Article

Polda dan Diskominsa Petakan Akun Sosmed Berkonten Negatif di Aceh 

Related Posts