Polda Aceh Lakukan Pemeriksaan Senjata yang Digunakan Personel

Polda Aceh Lakukan Pemeriksaan Senjata yang Digunakan Personel
Foto IST

Bidang Propam Polda Aceh melakukan pemeriksaan seluruh senjata api yang digunakan selama ini oleh personelnya, di halaman Mapolda Aceh, Senin (1/3/2021). Pemeriksaan tersebut dilakukan guna menghindari pelanggaran dalam menggunakan senjata api.

“Pemeriksaan ini merupakan kegiatan rutin Polda Aceh untuk memastikan anggota taat syarat formil dan kompetensi dalam memegang senpi,” kata Kabid Propam Polda Aceh, Kombes Pol Iskandar dalam keterangannya.

Iskandar menyebutkan pengecekan tersebut rutin dilaksanakan untuk memastikan senjata api yang digunakan oleh personel Polda Aceh masih layak dan memiliki administrasi yang lengkap.

Selain itu, jelas Iskandar, pengecekan senapan api tersebut dilakukan juga secara serentak di seluruh jajaran Polda Aceh, baik tingkat Polsek maupun tingkat Polres. Tujuannya untuk memastikan bahwa personel polisi telah memenuhi syarat formil dalam memegang senjata api.

“Kami selaku pembina dan pengawasan personel berkewajiban untuk mengecek kelengkapan tersebut. Terutama syarat formil seperti hasil psikologi yang dilakukan secara berkala, surat senjata, kebersihan dan kelayakan senpi,” jelasnya.

Selain syarat formil, kata Iskandar, Polda Aceh juga mensyaratkan personelnya yang memegang senpi untuk melengkapi syarat kompetensi.

“Selain syarat formil, syarat kompetensinya juga harus ada. Misalnya yang bersangkutan harus dilatih dalam menggunakan senpi seperti cara mengamankan senjata, cara menembak dan ketepatan dalam menembak,” pungkasnya.[]

Total
5
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Sumber Ledakan dari Gerobak Biasa Digunakan Jualan Nasi

Sumber Ledakan dari Gerobak Biasa Digunakan Jualan Nasi

Next Article

Foto Feature: Kompetisi Cupping Kopi

Related Posts