Potret Vaksinasi Lansia di Lokasi Wisata PLTD Apung Banda Aceh

Ketua AJI Banda Aceh, Juli Amin ikut divaksin. Foto doc Aji Banda Aceh.

Sentra vaksinasi khusus warga lanjut usia (lansia) untuk pertama kalinya diselenggarakan di Banda Aceh, Kamis (10/6/2021). Kegiatan tersebut dipusatkan di Komplek Museum PLTD Apung, Banda Aceh.

“Hari ini kita lakukan gebyar vaksinasi untuk lansia yang bekerja sama dengan PKK Provinsi Aceh, Unicef Aceh, dan KPC PEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN),” kata Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin pada Kamis (10/6/2021).

Vaksinasi dikatakan Zainal, merupakan salah satu ikhtiar untuk menekan peningkatan kasus COVID-19.

Sedikitnya 16,000 lansia menjadi target vaksinasi Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh yang mencakup 9 kecamatan.

Lansia menjadi target prioritas selama Bulan Juni 2021, mengingat lebih 80 persen kasus meninggal dunia akibat Covid-19 di Banda Aceh adalah pasien berusia lebih 50 tahun.

Meski lansia menjadi target utama, namun peserta vaksinasi yang hadir diakui Zainal juga diikuti oleh masyarakat berusia 50 tahun ke bawah.

“Ini menunjukkan bahwa kita sudah lebih memahami bagaimana vaksin ini penting,” ujarnya.

Cakupan vaksinasi lansia Covid-19 di Banda Aceh sendiri saat ini berkisar sekitar 5 persen. Angka ini diharapkan dapat meningkat sehingga semakin banyak lansia yang mendapatkan vaksinasi, agar terhindar dari risiko gejala berat, rawat ICU, atau kematian akibat Covid-19.

Sebagai penyintas COVID-19, Wakil Wali Kota berharap masyarakat mau divaksinasi.

“Yakinlah pemerintah berupaya bagaimana mensejahterakan rakyat dan bagaimana membuat masyarakat ini lebih sehat,” tutupnya.

Total
0
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Ipelmabar Banda Aceh Bakal Bakti Sosial di Daerah 3T di Aceh Barat

Next Article

Rektor USK: Aceh Laboratorium Konflik Bagi Mahasiswa Papua

Related Posts