Proyek Multiyears di Simeulue Segera Dimulai

Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah. MT memberikan sambutan dan arahan pada acara Ground Breaking Peningkatan Jalan Sinabang-Sibigo dan Pembangunan Bendung D.I. Irigasi Sigulai (MYC) di Kabupaten Simeulue, Selasa (2/2/2021). (Foto/Humas)

Pembangunan dua ruas jalan dan irigasi berskema kontrak tahun jamak di Kabupaten Simeulue akan segera dimulai. Proyek tersebut yaitu peningkatan Jalan Sinabang–Sibigo, peningkatan Jalan Nasreuhe–Lewak–Sibigo dan pembangunan Bendung Daerah Irigasi Sigulai.

“Dengan ini saya nyatakan dimulai pembangunannya,” ujar Gubernur Nova saat meninjau ruas Jalan Sinabang–Sibigo, di Desa Sefoyan, Simeulue Timur, Selasa (2/2/2021).

Jalan Sinabang–Sibigo itu memiliki total panjang 105 kilometer. Saat ini, sepanjang 87,5 kilometer jalan tersebut sudah teraspal, sedangkan 17,5 km lagi akan ditingkatkan melalui proyek dengan nilai kontrak Rp 76,1 miliar. Pembangunan ini akan dilaksanakan oleh PT Aceh Lintas Sumatera.

Sementara ruas Jalan Nasreuhe–Lewak–Sibigo memiliki panjang 139 km. Adapun kondisi jalan yang sudah teraspal sepanjang 59 km. Dalam proyek multiyears ini, pemerintah bakal mengaspal sepanjang 30 km dengan nilai kontrak Rp 114,6 miliar. Proyek ini akan dilaksanakan oleh PT Flamboyant Huma Arta.

“Selanjutnya sepanjang 50 km lagi akan diupayakan dengan sumber anggaran lain termasuk dana DAK,” terangnya.

Sementara itu pembangunan Bendung Daerah Irigasi Sigulai Kabupaten Simeulue, dengan nilai kontrak Rp 174,2 miliar akan dilaksanakan oleh PT Perapen Prima Mandiri.

Nova berharap, penanganan kedua ruas jalan tadi akan meningkatkan kelancaran arus lalu lintas antara Sinabang–Sibigo dan Nasreuhe–Lewak–Sibigo.

“Jika saat ini masyarakat Sibigo yang ingin menuju pusat ibu kota Simeulue butuh waktu hingga sembilan jam, maka ke depan waktu tempuhnya dapat dicapai hanya dalam tiga jam,” harap Nova.

Total
27
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

21 Nelayan yang Dibebaskan India Tiba di Koetaradja

Next Article

Jalan Penghubung Abdya-Gayo Lues Ditargetkan Tuntas 2022

Related Posts