Realisasi Vaksin Covid-19 di Aceh Baru 848.076 Orang

Vaksinasi bagi anak-anak mulai digencarkan. Foto: Hotli Simanjuntak/readers.ID

Realisasi vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk warga Aceh baru mencapai 848.076 orang dari 3,7 juta orang yang ditargetkan menjadi sasaran vaksinasi.

Hal itu diungkapkan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat memaparkan trend perkembangan dan upaya penanganan Pandemi Covid-19 di Aceh kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pada Kamis (16/09/2021).

“Di mana realisasi jumlah penduduk yang sudah divaksin tahap pertama sebanyak 848.076 orang,” kata Nova, dalam keterangan tertulis yang diterima, pada Jumat (17/9/2021).

Sementara itu, Nova menyebutkan, 462.891 orang yang telah divaksin tahap dua dan 13.062 orang tahap ketiga, khusus bagi tenaga kesehatan (Nakes).

Masyarakat yang telah divaksin tersebut terdiri dari berbagai kelompok, antara lain nakes, ASN, Petugas Pelayanan Publik, Guru, dan masyarakat umum.

Dalam rangka mempercepat pelaksanaan vaksinasi, jumlah vaksinator akan ditambah dari 2.500 orang menjadi 5.000 orang dan setiap kabupaten/kota.

Oleh karena itu, Pemerintah Aceh mengimbau untuk setiap daerah menyediakan tempat layanan khusus vaksin yang buka setiap hari.

“Dengan dukungan seluruh pihak, kami akan terus mengintensifkan pelaksanaan vaksinasi ini,” ujarnya.

Sedangkan insentif bagi nakes telah disalurkan di 22 kabupaten/kota, dengan tingkat realisasi yang bervariasi.

“Selanjutnya kita berharap kiranya seluruh kabupaten/kota dapat segera merealisasikan seluruh insentif ini agar penanganan Covid-19 ini tetap berjalan dengan baik dan maksimal,” ucap Nova.

Sehubungan dengan itu, terkait penyaluran Dana Desa untuk penanganan Covid-19, gubernur menyampaikan, realisasi pencairan dana sebesar 8 persen untuk penanganan Covid-19 di Aceh, telah menyentuh angka 100 persen.

Jumlah yang sudah disalurkan sebesar Rp390,38 miliar pada 6.359 gampong atau 97,88 persen. Sebanyak 18 kabupaten/K
kota seluruh desanya telah menyalurkan Dana Desa untuk penanganan Covid-19.

“Sedangkan 5 Kabupaten/Kota lainnya, desa yang menyalurkan dana untuk penanganan Covid-19 masih di bawah 100 persen,” kata gubernur.

Total
1
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Warga Aceh Utara Ditemukan Tewas di Kebun Sawit, Tubuhnya Hangus Terbakar

Next Article

Aminullah Cari Tahu Penyebab Banda Aceh Berstatus Zona Merah

Related Posts