Saatnya Membranding Produk UMKM Berbasis Teknologi

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. [Dok/industry.co.id]

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut pentingnya membranding Indonesia sebagai negara yang menuju modernisasi untuk mentransformasi produk-produk UMKM menjadi basis teknologi.

“Saya kira kita harus branding negeri kita sebagai negeri yang menuju modernisasi dan tentu tetap juga tidak meninggalkan budaya kita yang sangat kuat,” kata Teten dalam Pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 “Eksotisme Lombok”, Rabu (3/3/2021).

Dengan begitu, ujarnya, UMKM-UMKM di Indonesia tidak hanya terkenal membuat produk keripik, batu akik dan batik saja. Tapi sudah saatnya UMKM Indonesia mulai bertransformasi ke produk-produk berbasis teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produk sendiri.

“Termasuk pariwisata, saya kira pariwisata bukan hanya sekedar untuk jual eksotisme meski kita punya keunggulan di sana, tapi kita harus mulai menghadirkan produk-produk UMKM yang unggul berbasis inovasi teknologi,” katanya.

Menurutnya Indonesia berpotensi besar menggarap tourism berbasis pengembangan teknologi. Apa pun produk di era digital ini, kata dia, dari pelosok desa mana pun, dengan digitalisasi maka bisa terhubung ke seluruh dunia ke market yang sangat besar.

Demikian ia menegaskan kembali, bahwa new branding itu sangat penting untuk menampilkan wajah Indonesia yang modern di mata dunia.

“Selama ini Indonesia dilihat sebagai negara agraris atau selalu yang ditampilkan itu suku-suku, simbol-simbol tradisional. Tapi justru sekarang kita menampilkan symbol-simbol Indonesia yang modern,” pungkasnya.[]

Sumber: Liputan6

Total
6
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Kisah Pilu Siswi di Banda Aceh, Tinggalkan Sekolah Demi Merawat Sang Ibu

Next Article

Latar Belakang Munculnya Izin Investasi Miras Sebelum Dibatalkan Jokowi

Related Posts