Selama 2 Bulan Ombudsman Aceh Sudah Terima 88 Pengaduan

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Taqwaddin Husin. Foto: Dok, istimewa
Ombudsman RI Perwakilan Aceh mengumumkan sepanjang dua bulan di tahun 2021, pihaknya sudah menerima sebanyak 88 pengaduan dari masyarakat terkait pelayanan publik yang diduga malaadministrasi.
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Taqwaddin Husin, mengatakan jumlah laporan dari masyarakat per Februari tahun 2021 ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan dibandingkan pada 2020 lalu.
Artinya, di satu sisi masyarakat semakin mengetahui hak-hak publiknya dengan menginginkan adanya peningkatan dalam hal kualitas pelayanan dibidang pemerintahan.
Di sisi lain, kata Taqwaddin, Ombudsman makin dikenal sehingga masyarakat menginginkan adanya peningkatan kualitas pelayanan pemerintahan melalui saran koreksi dari Ombudsman.
“Saat ini saja sudah 88 laporan yang kami terima, laporan tersebut rata-rata disampaikan dengan datang langsung, namun ada juga yg melalui telepon, maupun email,” kata Taqwaddin dalam keterangan tertulis, Selasa (2/3/2021).
Menurutnya, dari 88 aduan yang diterima, laporan dari kepegawaian menjadi urutan yang pertama. Selanjutnya didominasi permasalahan agraria dan pedesaan.
“Laporan paling banyak kepegawaian, kemudian pertanahan, selanjutnya masalah desa. Sedangkan masalah kepolisian, energi, kesehatan juga ada, tapi tidak dominan,” ujarnya.
Selanjutnya, Taqwaddin berharap agar masyarakat terus meningkatkan partisipasi dan aktif melakukan pengawasan dalam hal pelayanan publik. Jika menemukan adanya dugaan malaadministrasi segera melaporkan ke pihaknya. Baik secara langsung, telpon seluler, ataupun melalui sosial media Ombudsman.
“Pentingnya kita melakukan pengawasan agar dugaan maladministrasi dalam pelayanan publik bisa dikoreksi atau diperbaiki, sehingga kualitas pelayanan publik khususnya pelayanan pemerintahan menjadi semakin berkualitas. Pada akhirnya, semakin meningkatnya kualitas pelayanan publik maka akan semakin menguatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah,” kata Taqwaddin.
Total
16
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Ramai-ramai Ormas Tolak Perpres Investasi Miras

Next Article
Sismito-Ika Pimpin AJI 3 Tahun Kedepan, Tantangannya Rezim Otoriter

Sasmito-Ika Pimpin AJI 3 Tahun ke Depan, Tantangannya Rezim Otoriter

Related Posts