Seorang Nakes di Banda Aceh Masuk Rumah Sakit Usai Divaksin

Seorang Nakes di Banda Aceh Masuk Rumah Sakit Usai Divaksin
Seorang vaksinator sedang mempersiapkan untuk menyuntik vaksin Sinovac untuk sejumlah tenaga kesehatan di RSUZA, Banda Ace, Senin (15/2/2021). Hotli Simanjuntak | readers.ID

Seorang tenaga kesehatan (nakes) di Banda Aceh harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa usai menjalani vaksinasi Covid-19.

Kabar itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman. “Ya masih menunggu pulih sempurna, sudah di ruangan perawatan biasa,” kata Lukman, saat dikonfirmasi readers.ID, pada Senin (15//2/2021).

Penyebab nakes tersebut mendapatkan perawatan usai divaksin dikatakan Lukman, dikarenakan yang bersangkutan memiliki penyakit penyerta.

BACA JUGA:  Foto Feature: Target Vaksinasi Tenaga Kesehatan Aceh

“Cuma persoalan sekarang dia tidak menyampaikan kepada petugas sewaktu diverifikasi, sewaktu di-scerning tidak disampaikan ada penyakit tersebut. Dia tidak ada menyampaikan mengenai penyakitnya,” ujarnya.

Secara rinci, Lukman tidak mengetahui secara detail penyakit penyerta apa yang dialami oleh nakes tersebut.

Ia menyampaikan, apabila ada tenaga keseahatan yang memiliki penyakit penyerta namun tetap divaksin, itu bisa memperburuk kondisi. Oleh karena itu, bagi nakes yang akan menajalani vaksinasi harus menjelaskan riwayat penyakit serta memberikan surat keterangan penyakit dari dokter spesialis.

“Kalau yang komobrid tetap tidak bisa. Nanti harus ada uji dari dokter spesialis. Kalau dinyatakan dia jantung nanti dia ada ada keterangan dari dokter jantung. Kalau dia paru harus ada keterangan dari dokter spesialis paru. Kalau sudah ada itu kita tidak akan vaksinasi,” ucap Lukman.[acl]

Total
4
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Tepis Stigma Negatif, Napi Rutan Kajhu Ikut Tahfiz Quran

Tepis Stigma Negatif, Napi Rutan Kajhu Ikut Tahfiz Quran

Next Article
Dahlan Mengajak Semua Elemen Bersinergi untuk Pilkada

Dahlan Mengajak Semua Elemen Bersinergi untuk Pilkada 2022

Related Posts