Simak, Golongan Orang Tidak Dapat Divaksin

Nakes di Puskesmas Jeulingke Baru Dua Orang Divaksin
Vaksin Sinovac yang digunakan di Indonesia| readers.ID | Hotli Simanjuntak

Provinsi Aceh mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19. Orang pertama kali diberi vaksin Sinovac adalah Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan sejumlah pejabat lainnya.

Nova menjadi orang pertama disuntik vaksin tahap pertama pada Jumat (15/1/2021). Berselang dua pekan, tepatnya Jumat (29/1/2021 orang nomor satu di Aceh kembali menjalani vaksinasi kedua yang dipusatkan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

BACA JUGA: Nova Iriansyah Dipantau Selama Sebulan Usai Divaksin

Setelah divaksin tahap kedua, Gubernur Aceh bersama 14 pejabat Forkopimda lainnya, antibodi mereka akan dipantau selama satu bulan ke depan. Tujuannya untuk melihat efektivitas vaksin Sinovac dalam menangani Covid-19.

“Kami adalah orang yang telah divaksin dan nanti kami akan melakukan testimoni. Apakah kita terbentuk antibodi setelah divaksin. Kalau semua kita terbentuk antibodinya, maka efikasinya 100 persen dan itu patut disyukuri, boleh dianggap program ini sangat berhasil,” kata Nova Iriansyah, Jumat (29/1/2021).

Dikutip dari cnbindonesia.com, vaksin memang bukan lah obat, namun bisa mencegah penularan Covid-19 agar tidak menyebar luas. Namun sayangnya, masih ada sejumlah kelompok orang yang ternyata tidak boleh divaksin Covid-19.

BACA JUGA: Dinkes Targetkan Vaksinasi 3,7 Juta Rakyat Aceh Selesai Dalam Setahun

Salah satu kelompok yang tidak boleh divaksinasi Covid-19 adalah yang usianya masih di bawah 18 tahun. Sesuai anjuran pemerintah, kelompok yang bisa mendapatkan vaksin Corona Sinovac yang saat ini mulai diberikan adalah mereka yang berusia 18-59 tahun.

“Pada vaksin yang saat ini sedang diuji, tidak boleh untuk anak-anak karena belum ada penelitian pada anak-anak,” ujar Juru bicara Vaksin Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sekaligus ahli alergi dan imunologi Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD-KAI.

Golongan Orang yang Tak Bisa Divaksin Covid-19

Dikutip dari suara.com, setidaknya ada dua golongan besar yang bisa disebutkan menurut rekomendasi tersebut.

A. Pertama, orang yang memiliki tekanan darah 140/90 atau lebih.

B. Kedua, orang yang memiliki kondisi kesehatan berikut ini.

  1. Pernah terkonfirmasi menderita Covid-19.
  2. Merupakan ibu hamil atau menyusui.
  3. Memiliki gejala ISPA.
  4. Memiliki anggota keluarga serumah yang melakukan kontak erat dengan suspek, konfirmasi, atau sedang dalam perawatan dalam rangka Covid-19.
  5. Memiliki riwayat alergi berat atau mengalami gejala sesak nafas, bengkak, dan kemerahan setelah divaksinasi Covid-19 tahap pertama.
  6. Tengah melakukan terapi aktif jangka panjang pada penyakit kelainan darah.
  7. Menderita penyakit jantung.
  8. Menderita penyakit Autoimun Sistemik (SLE, Lupus, Sjogren, Vaskulitis, dan sebagainya).
  9. Menderita penyakit ginjal.
  10. Menderita penyakit Rematik Autoimun.
  11. Menderita penyakit saluran pencernaan kronis.
  12. Menderita penyakit Hipertiroid atau Hipotiroid karena Autoimun.
  13. Menderita penyakit kanker, kelainan darah, Imunokompromais atau defisiensi imun, dan penerima produk darah atau transfusi.
  14. Menderita penyakit Diabetes Melitus.
  15. Menderita HIV.
  16. Memiliki Riwayat penyakit paru seperti Asma, PPOK, dan TBC.

Infografis Golongan Orang Tidak Dapat Diberi Vaksin Covid-19

Alasan Keamanan dan Kesehatan Calon Penerima Vaksin

Golongan orang tak bisa divaksin yang disebutkan di atas harus menunggu informasi dan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan vaksin yang kini digunakan. Alasannya juga cukup kuat, yakni demi menjaga keamanan dan meminimalisir resiko yang mungkin terjadi jika vaksin tetap diberikan.

Jadi jika Anda termasuk dalam satu kelompok dari golongan yang disebutkan di atas, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau tenaga kesehatan untuk proses vaksinasi. Idealnya, jika berdasar pada pertimbangan dan rekomendasi ahli, orang yang masuk dalam golongan tersebut masih harus menunggu beberapa saat lagi.

Itu tadi sedikit informasi mengenai golongan orang tak bisa divaksin covid-19 untuk saat ini. Semoga pemerintah lekas menemukan solusi untuk hal tersebut, agar Indonesia bisa cepat terlepas dari rundungan pandemi yang sudah berlangsung hampir satu tahun lamanya.[]

Total
8
Shares
4 comments

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Infografis Golongan Orang Tidak Dapat Diberi Vaksin Covid-19

Infografis: Golongan Orang Tidak Dapat Diberi Vaksin Covid-19

Next Article

Foto Feature: Angka Kemiskinan Diprediksi Meningkat

Related Posts