Tiba di Jakarta, 28 Nelayan Aceh Jalani Isolasi

(FOTO/ANTARA) Para nelayan Aceh saat dibawa ke tempat isolasi di Jakarta, Sabtu (30/1/2021).

Pemerintah Aceh menyambut kedatangan 28 nelayan Aceh yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Sabtu (30/1/2021) lalu. Para nelayan tiba pukul 02.50 WIB menumpangi pesawat Garuda bernomor GAI 8270.

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh, Almuniza Kamal mengungkapkan, untuk sementara nelayan menginap di Hotel Mercure Gatot Subroto. Di sana, mereka akan menjalani proses karantina sekaligus mengikuti tes swab guna mengantisipasi Covid-19.

“Karantina selama lima hari. Setelah itu baru pulang ke Aceh jika bebas dari Covid-19,” jelas Almuniza kepada media, Minggu (31/1/2021).

BACA JUGA: 28 Nelayan Aceh Dipulangkan dari India

Sebelumnya, polisi pengawal pesisir pantai India, Durgabai Deshmukh menangkap ke-28 nelayan Aceh ini pada 3 Maret 2020 lalu, lantaran melanggar batas teritorial. Mengendarai kapal KM BST 45, mereka berlayar hingga berada di jarak 55 mil dari daratan Pulau Nikobar.

Atas upaya advokasi Kedutaan Besar Republik Indonesia, Pemerintah Aceh dan PSDKP-KKP RI, Pengadilan Andaman memutus bebas para nelayan itu pada 16 Januari 2021.

“Ini berkat kerja sama berbagai pihak dan tanggap cepat Pemerintah Aceh,” kata Almuniza.

Sepanjang 2020 hingga kini sedikitnya 160-an nelayan Aceh menyalahi teritorial kelautan negara lain. Sehingga mereka mendapat sanksi penahanan oleh otoritas setempat, seperti di Myanmar, Thailand, dan India.

“Namun pemerintah juga tidak tinggal diam. Hanya saja, perlu edukasi mendalam terkait tapal batas kepada para nelayan sehingga kasus ini tidak terulang,” jelas dia. (Fd)

Total
1
Shares
2 comments

Tinggalkan Balasan

Previous Article
Tarik Ulur Pilkada Serentak di Aceh

Tarik Ulur Pilkada Serentak di Aceh

Next Article

Melaut Keluar Batas Negara, Nelayan: Jumlah Ikan di Laut Aceh Sedikit

Related Posts