Upaya Rutan Kelas II B Banda Aceh Cegah Covid-19

Upaya Rutan Kelas II B Banda Aceh Cegah Covid-19
16 Warga Binaan Rutan Kelas II B Banda Aceh, Kajhu, Aceh Besar, dinyatakan bebas setelah mendapatkan asimilasi Covid-19. [readers.ID/Muhammad]

Guna mencegah penyebaran Covid-19 pada warga binaan, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Banda Aceh menerapkan sejumlah aturan untuk warga yang ingin berkunjung serta penghuni pemasyarakatan tersebut. Salah satunya dengan meniadakan jam besuk bagi pihak keluarga.

“Khusus untuk jam besuk, sampai hari ini perintah dari pimpinan, tidak ada jam besuk,” kata Kepala Rutan Kelas II B Banda Aceh, Irhamuddin, Sabtu (27/2/20210.

Meskipun tidak membenarkan adanya jam besuk, namun pihak rutan yang terletak di kawasan Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar ini tetap memberikan kemudahan agar pihak keluarga bisa berkomunikasi dengan warga binaan.

Di antaranya adalah dengan menyediakan fasilitas berupa warung telepon khusus (Wartelsus). Tempat tersebut bisa digunakan para warga binaan untuk berkomunikasi dengan keluarganya yang ada di luar rutan.

“Mereka bisa video call (panggilan video) dan bisa berbicara dengan keluarganya. Itu nantinya digilir dikarenakan peralatannya yang terbatas, sebab hanya ada dua alat,” ujar Irhamuddin.

Selain membatasi jam besuk, pihak rutan juga selalu melakukan sterilisasi ruang tahanan, warga binaan, dan juga pegawai yang bertugas. Selain itu, di Rutan juga memiliki satu dokter dan tiga perawat yang bertugas.

Untuk ruangan, Irhamuddin mengatakan, pihaknya juga menyediakan beberapa ruang karantina dikhususkan bagi narapidana baru serta warga binaan yang sakit.

“Di blok karantina itu, nantinya ada warga binaan yang baru akan disterilkan selama empat hari. Itu tetap dalam pengecekan dokter,” imbuhnya.

Kepala Rutan Kelas II B Banda Aceh tersebut bersyukur hingga saat ini tidak ada ditemukan warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19.[acl]

Total
7
Shares

Tinggalkan Balasan

Previous Article

Sirih, Seni Tari, Makanan dan Penghormatan

Next Article
Jadi Pengedar Narkoba, Oknum Polres Pidie Berpangkat Aipda Ditangkap

Jadi Pengedar Narkoba, Oknum Polres Pidie Berpangkat Aipda Ditangkap

Related Posts