24 Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Gayo Lues Ikuti Uji Kompetensi 

“Tujuan dari Uji Kompetensi ini adalah untuk melihat, menilai kompetensi atau assessment dari Kepala Perangkat Daerah, baik itu kompetensi teknis, manajerial dan social cultural sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Manajemen ASN,” pungkas Jamaluddin.

Waktu Baca 6 Menit

24 Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Gayo Lues Ikuti Uji Kompetensi Prokopim Gayo Lues
24 Pejabat Dilingkungan Pemkab Gayo Lues Ikuti Uji Kompetensi di Gayo Lues, Aceh pada Rabu (11/5/2022).

BLANGKEJEREN, READERS – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Gayo Lues melaksanakan Uji Kompetensi Rotasi Mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Tahun 2022 di Aula Hotel Tawar Dingin Blangkejeren pada Rabu (12/5/2022).

Bupati Gayo Lues, M. Amru yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Rasyidin Porang, menjelaskan pasal-pasal mengenai uji kompetensi itu.

Menurutnya, berdasarkan Pasal 132 Ayat (1) peraturan pemerintah Nomor 17 tahun 2020, yakni pengisian JPT melalui mutasi dari satu JPT ke JPT yang lain dalam satu instansi maupun antar intansi dapat dilakukan melalui uji kompentsi diantara pejabat pimpinan tinggi.

Rotasi, mutasi pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilakukan dengan pertimbangan kesesuaian antara kualifikasi kompetensi dan kinerja pejabat selama ini. 

Berdasarkan hasil uji kompetensi ini, maka pejabat pembina kepegawaian dapat mempertimbangkan seorang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama untuk dipindahkan pada jabatan lain, sesuai dengan kompentnsi yang dimilikinya atau ditempatkan pada jabatan tertentu termasuk mengisi jabatan yang kosong.

“Untuk itu kami berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara serius, bersungguh-sungguh dan memaksimalkan kemampuan peserta karena hal ini merupakan suatu bagian dari bahan evaluasi untuk memetakan ulang pejabat sesuai dengan kompetensinya masing-masing," kata Rasyidin.

Sementara itu Kepala BKPSDM Kabupaten Gayo Lues, Drs. Jamaluddin, M.Pd saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa Uji Kompetensi kali ini diikuti oleh 24 orang JPT Pratama atau Pejabat Eselon II dan dalam prosesnya akan dilakukan beberapa tahap uji, seperti wawancara dan psikotes.

Kemudian pihak assesor yang dipimpin oleh Dra. Khairtati P. Nasution, M.Psi, menggali beberapa hal seperti integritas dan kerjasama, pengelolaan perubahan dan pelayanan publik.  

“Disamping rotasi mutasi merupakan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang pengisian jabatan dengan pertimbangan kesesuaian antara kualifikasi, kompetensi dan kinerja pejabat selama ini,” ujarnya.

Selanjutnya dihubungkan dengan job yang ada transparan, objektif, kompetitif dan akuntabel. Dengan demikian berdasarkan hasil uji kompetensi ini maka pimpinan dapat mempertimbangkan seseorang pejabat untuk dipindahkan pada jabatan lain yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya atau ditempatkan pada jabatan tertentu termasuk mengisi jabatan yang masih kosong.

Dari Uji Kompetensi ini diharapkan tim dapat memberikan penilaian yang objektif dan akurat berdasarkan hasil penilaian tersebut, sehingga dapat memiliki data akurat dalam menempatkan para pejabat secara professional sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. 

“Tujuan dari Uji Kompetensi ini adalah untuk melihat, menilai kompetensi atau assessment dari Kepala Perangkat Daerah, baik itu kompetensi teknis, manajerial dan social cultural sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Manajemen ASN,” pungkas Jamaluddin.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diketuai Sekda Gayo Lues, Asisten Administrasi dan Umum Ir. Bambang Waluyo Panitia Seleksi dan Tim Assessor dari Akademisi sebanyak tiga orang, yakni Prof. DR. Zainuddin dari Unimed, DR. Hj. Damawati dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Hazman Khair, P.hd dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan seorang assesor yakni Dra. Khairtati P. Nasution, M.Psi dari Psycho Permata Medan.

Adapun 24 Pejabat yang mengikuti Uji Kompetensi pada hari ini antara lain :

1). Ir. Ibrahim, M.BA Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan; 2). Teuku Syahridar, SE.,M.AP Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, SDM dan Kerjasama; 3). Muslim, SE.,M.AP Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesra; 4). Irwansyah, SE. ,MM Asisten Perekonomian dan Pembangunan; 5). Muhammad Noh, S.Pd.,M.AP Inspektur Inspektorat; 6). Mansuruddin, ST Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang; 7). Jakaria, S.Hut.,MP Kepala Dinas Perkim; dan 8). Yunidar, SE Kepala Dinas P3AP2KB Gayo Lues.

Kemudian, 9). Hasanuddin, S.STP.,M.Si Kepala Dinas Dukcapil ; 10.) Nopal, SP Kepala Dinas Perhubungan ; 11). Said Bakhtiar, S.Pi Kepala Dinas Pertanian ; 12). Samsul Bahri, S.Si Kepala Dinas Syariat Islam; 13). Suhaidi, S.Pd.,M.Si Kalak BPBD; 14). Kasimuddin, ST.,MP Kepala Dinas Pendidikan; 15). drh. Ibnu Hafit Kepala Dinas Lingkungan Hidup; dan 16). Sartika Maya Sari, S.STP.,MA Kepala Dinas PMK.

selanjutnya, 17). Jata, SE.,MM Kepala Bappeda; 18). Syahrul, ST.,MM Kepala Dinas Perdagkop; 19). Ridwansyah, ST Kepala Dinas Perindustrian, Energi dan Sumber Daya Mineral; 20). Said Wintareza, SE.,MM Kadis Informatika, Informasi dan Persandian; 21). Anwar, S.Pd.,M.AP Kepala Dinas Nakertran; 22). Juanda Syahputra, SH Kepala Badan Kesbangpol; 23). Riadussalihin, SKM Kepala Dinas Kesehatan; dan 24). Mukhtaruddin, SE.,M.AP Kepala Badan Pengelola Keuangan Kabupaten Gayo Lues.

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...