Harga TBS Sawit di Aceh Utara Masih Rendah

Harga TBS sawit tingkat pengepul masih pada kisaran Rp1.700 per kilogram, sementara di tingkat pabrik masih bertahan pada kisaran antara Rp2.050 hingga Rp2.065 per kilogram. Kondisi saat ini belum berdampak pada kebijakan pemerintah mencabut larangan ekspor CPO

Waktu Baca 1 Menit

Harga TBS Sawit di Aceh Utara Masih Rendah
Ilustrasi - petani mengangkut TBS sawit hasil panen. (Foto: readers.ID/Rianza).

ACEH UTARA, READERS – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh Utara menyatakan bahwa harga tandan buah segar (TBS) sawit di daerah masih rendah meskipun pemerintah membuka kembali mengizinkan ekspor minyak mentah (CPO) dan minyak goreng pada Senin (23/5).

Ketua Apkasindo Kabupaten Aceh Utara Kastabuna mengatakan, harga TBS sawit di daerah itu masih rendah paska pemerintah memutuskan akan mencabut larangan ekspor CPO dan minyak goreng. 

"Harga TBS sawit tingkat pengepul masih pada kisaran Rp1.700 per kilogram, sementara di tingkat pabrik masih bertahan pada kisaran antara Rp2.050 hingga Rp2.065 per kilogram. Kondisi saat ini belum berdampak pada kebijakan pemerintah mencabut larangan ekspor CPO," kata Kastabuna, dilansir Antara, Sabtu (21/5/2022).

Kastabuna memprediksi harga TBS sawit akan mengalami kenaikan beberapa hari mendatang dengan dibukanya kembali kran ekspor CPO dan minyak goreng. 

"Hingga saat ini memang belum ada kenaikan harga, namun diperkirakan akan terjadi kenaikan secara bertahap. Diharapkan harga TBS bisa normal kembali yakni pada kisaran Rp3.500 per kilogram seperti harga sebelum pemerintah melarang ekspor CPO," katanya. 

Kastabuna menyebutkan bahwa Apkasindo mengapresiasi Presiden Joko Widodo atas respon cepat terhadap keluhan para petani kelapa sawit. 

"Diharapkan dengan dibukanya kembali kran ekspor CPO dan minyak goreng, maka harga TBS sawit di Aceh Utara juga kembali normal," katanya.

Editor:
Sumber:Antara

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...