Sedan Mercedes-Benz Antik Jadi Mobil Termahal di Dunia

Menariknya, mobil keluaran 1955 tersebut terjual kepada seorang kolektor pribadi. Mobil ini dibandrol dengan harga mencapai 135 juta Euro atau sekitar Rp 2 triliun!

Waktu Baca 3 Menit

Sedan Mercedes-Benz Antik Jadi Mobil Termahal di DuniaTopcarrating
Mobil Sedan Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe.

JAKARTA, READERS – Mobil Sedan Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe menjadi harga termahal usai dilepas baru-baru ini oleh perusahaan lelang mobil RM Sotheby's.

Dilansir dari Kompas.com pada Senin (23/5/2022), harga tersebut ditawarkan dalam acara lelang RM Sotheby's di Jerman pada awal pekan lalu.

Menariknya, mobil keluaran 1955 tersebut terjual kepada seorang kolektor pribadi. Mobil ini dibandrol dengan harga mencapai 135 juta Euro atau sekitar Rp 2 triliun!

Dari bandrol harga itu, Uhlenhaut Coupe diyakini sebagai satu-satunya mobil termahal yang pernah ada di dunia.

Bahkan, penjualan tersebut cukup menjadi perhatian publik. Situs Dmarge memberi judul untuk penjualan mobil ini sebagai "most expensive ever". 

Wajar ketika mobil antik menjadi perhatian milyuner sejak beberapa tahun lalu, terlebih sekaliber mobil satu ini. 

Diketahui, harga mobil-mobil antik yang dilepas di acara lelang tidak pernah setinggi Mercedes-Benz tersebut. 

Dilansir dari CNBC, pada 2018, Ferrari GTO buatan 1963 dijual secara pribadi seharga 70 juta dollar AS atau setara Rp 1 triliun. 

Kemudian Ferrari 250 GTO 1962 yang juga dilelang RM Sotheby's laku dengan harga 48,5 juta dollar AS (lebih kurang Rp 711,6 miliar). 

Selain menjadi mobil termahal di dunia, Uhlenhaut Coupe ini dinilai sebagai salah satu dari 10 barang paling bernilai yang pernah dijual di acara lelang.

Mobil ini adalah satu dari dua purwarupa Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe yang pernah dirancang Mercedes-Benz. 

Bisa jadi, kelangkaan itulah yang membuat nilai 300 SLR Uhlenhaut Coupe melonjak drastis.

Hasil penjualan akan digunakan manufaktur untuk Mercedes-Benz Fund yang berencana memberikan beasiswa pendidikan dan penelitian di bidang ilmu lingkungan dan dekarbonisasi bagi kaum muda. 

Nama mobil Uhlenhaut Coupe diambil dari kreator dan chief engineer Mercedes-Benz, Rudolf Uhlenhaut yang diketahui pernah memiliki mobil tersebut. 

Tim di Mercedes-Benz merancang 300 SLR Uhlenhaut Coupe dengan menggabungkan performa 300 SLR dan mobil Formula 1 W 196 R, disertai tampilan desain tipe 300 SL. 

Awalnya, mobil ini "dilahirkan" untuk terjun ke ajang balapan Carrera Panamericana. Namun, keputusan itu dibatalkan setelah bencana besar pada 1955 terjadi di Circuit de la Sarthe di Le Mans, Perancis. Peristiwa ini menewaskan 83 orang.

Dilansir dari Viva.co.id, mobil satu ini memiliki kecepatan maksimum mendekati 290 kilometer per jam. Selain itu, mobil Uhlenhaut Coupe ini pun menjadi salah satu mobil tercepat masa itu.

Kini, satu Uhlenhaut Coupe dan jenis mobil langka lainnya tidak lagi dijual melainkan dipajang dan dipamerkan di Mercedes-Benz Museum di Stuttgart, Jerman.

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...